cerita Jepang · Uncategorized

Ada Apa Dengan Jepang?

Apa yang terlintas di benakmu tentang Jepang? Negeri yang disiplin, bersih, dan katanya terkenal dengan keamanannya ya? Gak salah juga sih. Memang begitu kenyataannya. Tapi, jangan terlalu memuja juga sampai ga waspada ya. Kalau dikasih kesempatan pergi ke Jepang atau tinggal di Jepang trus ternyata ga sesuai dengan ekspektasi takutnya malah pundung atau kapok dan… Continue reading Ada Apa Dengan Jepang?

cerita Jepang · cerita mama

Kursus Nyetir di Jepang

Kemarin adalah hari ulang tahun paling berkesan kedua dalam hidup saya. Saya lulus ujian SIM mobil di Jepang! Yeay. Alhamdulillah. Kenapa kedua? Yang pertama tentu aja ulang tahun pas tahun 2010 yang bertepatan sama hari lamaran. Hihihi. Sebenernya kemarin adalah hari beresiko, iya kalo ujiannya lulus, kalo enggak kan malah jadi hari ultah menyedihkan. hahaha.… Continue reading Kursus Nyetir di Jepang

cerita Jepang · cerita Nisa

Nisa chan Masuk SD

Tahun ajaran baru di Jepang itu mulainya bulan April. Konon katanya karena April adalah awal musim semi. Dan musim semi itu merupakan musim yang ditunggu2 setelah sebelumnya musim dingin, juga menandakan awalnya hidup baru. Awal mekarnya bunga2, binatang2 yang hibernasi selama musim dingin juga mulai beraktivitas kembali. Jadi, terasa ya semangatnya untuk memulai babak hidup… Continue reading Nisa chan Masuk SD

cerita Jepang

Beda Hoikuen dan Youchien

Saya sering dapat pertanyaan seputar apa beda hoikuen dan youchien. Sebaiknya memasukkan anak ke hoikuen atau youchien? Singkat aja ya saya jelasinnya, sebatas pengetahuan saya aja. Hoikuen kurang lebih artinya adalah daycare, tempat penitipan. Sedangkan youchien adalah taman kanak-kanak atau TK. Hoikuen bisa dimulai dari bayi umur 0 tahun sampai 5 tahun (sebelum masuk SD).… Continue reading Beda Hoikuen dan Youchien

cerita Jepang · cerita Nisa · Uncategorized

Nisa & Youchien #5: Akhir Semester Hiyoko Gumi

Cerita youchien #4 tentang undoukai, yang ke-5 langsung loncat ke akhir semester. Hehe. Nggak apa apa ya. Kita kejar tayang aja kali ini. Nggak terasa sudah satu tahun berlalu sejak Nisa masuk youchien. Kebersamaan Nisa di kelas Hiyoko juga tinggal beberapa minggu lagi. Bulan depan insyaAllah naik kelas. Yeeay! Setelah cerita undoukai bulan Oktober lalu,… Continue reading Nisa & Youchien #5: Akhir Semester Hiyoko Gumi

cerita Jepang · cerita Nisa

Nisa Dan Youchien #3: Tanggap Bencana

Haha. Akhir akhir ini lagi seneng nulis tentang youchien. Abis banyak hal baru yang bukan cuma buat Nisa tapi buat saya juga. Baru sebulan Nisa masuk TK, tapi kegiatannya udah banyak banget. Hampir tiap minggu para orangtua murid yang menjemput didudukkan untuk mendengar penjelasan mengenai kegiatan ini dan itu. Saya harus benar benar pasang telinga… Continue reading Nisa Dan Youchien #3: Tanggap Bencana