Para Duta Islam Cilik

Ramadhan tahun ini (1436 H) masih di musim panas di Jepang. Nggak terasa ini adalah Ramadhan saya yang kelima di negeri sakura ini. Dan kelima-limanya pas musim panas. ^_^ Semoga bisa merasakan puasa pas musim dingin di Jepang. *dan kemudian mama serta ibu mertua bergumam, “pulang, Nak”.*๐Ÿ˜›

Eniwei, seperti tahun sebelumnya, puasa kali ini masih sekitar 16 jam-an dari pukul 3 pagi sampai pukul 7 sore. Dengan suhu rata-rata 18~32 derajat celcius. Yang beda adalah awal Ramadhan lebih banyak hujan, karena bulan Juni adalah musim hujannya Jepang. Alhamdulillah. Memasuki 10 malam terakhir, memasuki pertengahan Juli, baru deh dimulai musim panas yang sebenarnya. Haha. Suhu merangkak naik, hujan makin jarang, dan kelembaban udara yang semakin lembab, membuat Jepang jadi kayak sauna.๐Ÿ˜€

Tahun ini saya ingin mencermati tentang puasanya anak-anak muslim di sini. Bagi kita kita yang udah gede, mah biasa ya puasa. Udah digembleng dari kecil di Indonesia. Tapi bagaimana dengan anak-anak yang lahir di sini atau yang pindah ke sini saat masih kecil? Bagaimana mereka menjalani puasa? Sanggup kah puasa di musim panas terik seperti ini?

Bulan Ramadhan di Indonesia, masjid ramai, kajian kajian islam bertebaran, tempat tempat makan sopan dengan tidakย  menampilkan secara terang-terangan display makanannya dan aktivitas di dalamnya, sekolah dan beberapa tempat kerja ada yang mengubah jam kerjanya menyesuaikan yang berpuasa, sampai tv tv pun berubah jadi religius. Anak-anak? Mereka puasa dengan riang. Setidaknya mereka puasa rame rame, jadi lebih mudah, nggak sih?

Di Jepang? Yang sekolah tetap sekolah dari jam 8 sampai 3 sore. Anak SMP dan SMA masih harus lanjut ekskul, les, dll. Sama aja sih, di Indonesia juga gitu. Tapi nggak akan sama jadinya kalau yang puasa itu cuma kamu sendiri. Yup, sendiri! Masih sanggup, adek-adek?

Kebetulan, Ramadhan tahun ini Fahima (komunitas muslimah Indonesia di Jepang), mengadakan lomba menulis anak-anak tentang Ramadhan. Dari cerita cerita yang mereka tulis, saya jadi tahu gimana mereka menjalani puasanya di sekolah.

11701180_934006866641781_8343976547617610709_n
foto dok. Fahima
ใƒฉใƒžใƒ€ใƒณใŒๆฅฝใ—ใ„
 ใพใ“ใจใฏ ใƒฉใƒžใƒ€ใƒณใŒ ๆฅฝใ—ใ„ใงใ™ใ€‚ใชใ‚“ใงใ‹ใจใ„ใ†ใจโ€ฆใšใฃใจใ‚ตใƒ•ใƒผใƒซใŒ 2.15ใตใ‚“ใซ ใ‚„ใฃใฆใ„ใ‚‹ใ‹ใ‚‰ใงใ™ใ€‚
 ใ‹ใฃใ“ใ†ใงใฏ ใฟใ‚“ใชใŒ ใใ‚…ใ†ใ—ใ‚‡ใใฎใจใใซ ใพใ“ใจใ ใ‘ใŒ ใ“ใ†ใกใ‚‡ใ†ใ—ใคใซ ใ„ใใ‹ใ‚‰ใงใ™ใ€‚
 ใพใ“ใจใŒ ใ“ใ†ใกใ‚‡ใ†ใ—ใคใซ ใ„ใ“ใ†ใจใ—ใŸใ‚‰ ใจใ‚‚ใ ใกใŒ ใใใซใ„ใใพใ—ใŸใ€‚ใจใ‚‚ใ ใกใŒ ใใใพใ—ใŸใ€โ€ใชใ‚“ใงใšใฃใจใ“ใ†ใกใ‚‡ใ†ใ—ใคใซ ใ„ใฃใฆใ„ใ‚‹ใฎ๏ผŸโ€. โ€ใพใพใŒ ใ„ใฃใŸใ‹ใ‚‰ใพใ“ใจใŒ ใชใ‚“ใซใ‚‚ใŸในใ‚‰ใชใ„ใงใ™ใ€‚โ€
 ใ„ใคใ‚‚ใƒฉใƒžใƒ€ใƒณใŒ ๆฅฝใ—ใ„ใงใ™ใ€‚
 Hudzaifah Yusuf Makoto
 (7 tahun, kelas 1 SD)

MashaaAllah. Makoto kun kelas satu SD udah latihan puasa. Musim panas pula. Katanya, waktu makan siang, Makoto pergi ke ruang kepala sekolah. Ngapain? *menurut ngana?* Yaaa, ‘mengungsi’ lah saat teman-teman lainnya pada makan siang di kelas. Makoto pernah ditanya temannya, “kenapa tiap hari ke ruang kepsek?”. Apa jawab Makoto? “Karena mama bilang Makoto nggak makan siang.” ^_^

11707316_935146599861141_2516586245038017274_n
foto dok.Fahima
็งใฎๆ–ญ้ฃŸ
 
 ็งใฏใ€ๆ–ญ้ฃŸใ‚’๏ผ‘ๆ—ฅใ—ใฆใ„ใพใ™ใ€‚็ฅžๅฅˆๅท็œŒใฏใ€๏ผก๏ผญ๏ผ’ๆ™‚๏ผ“๏ผๅˆ†ใใ‚‰ใ„ใ‹ใ‚‰ใ€๏ผฐ๏ผญ๏ผ—ๆ™‚ใใ‚‰ใ„ใฎใ‚ใ„ใ ใ€ๆ–ญ้ฃŸใ‚’ใ—ใพใ™ใ€‚ใŠใ‚ˆใ๏ผ‘๏ผ•ๆ™‚้–“ใใ‚‰ใ„ๆ–ญ้ฃŸใ‚’ใ—ใฆใ„ใพใ™ใ€‚
 ๆ–ฐใ—ใ„ๅญฆๆ กใฎใฟใ‚“ใชใซใ€ใ€Œใชใ‚“ใงใŸในใชใ„ใฎ๏ผŸใ€ใจใ€่žใ‹ใ‚Œใพใ—ใŸใ€‚ใใ‚Œใง็งใฏใ€ใ€Œๆ–ญ้ฃŸใ‚’ใ—ใฆใ‚‹ใ‹ใ‚‰ใ ใ‚ˆใ€‚ใ€ใจใ€่จ€ใ„ใพใ—ใŸใ€‚ใฟใ‚“ใชใซใจใฃใฆใฏใ€ๆ–ญ้ฃŸใ‚’ใ—ใฆใ„ใ‚‹ใ‹ใ‚‰ใ€ใตใ—ใŽใงใ€ๆœ€่ฟ‘ใฏใ€ใ„ใ‚ใ‚“ใชไบบใซใ€ใ€Œใชใ‚“ใงใŸในใชใ„ใฎ๏ผŸใ€ใ€ใ€ŒใŠใชใ‹ใ™ใ‹ใชใ„ใฎ๏ผŸใ€ใจใ„ใคใ‚‚ใ€่žใ‹ใ‚Œใพใ™ใ€‚
 ็งใฏใ€ๆ–ญ้ฃŸใ‚’ใ—ใฆใ€ใ€Œใ“ใ‚ŒใŒใ€ๆฏŽๆ—ฅ้ฃŸในใ‚‰ใ‚Œใชใ„ไบบใฎๆฐ—ๆŒใกใชใ‚“ใ ใชใ€‚ใ€ใจใ€ๆ€ใ„ใพใ—ใŸใ€‚ๆฏŽๆ—ฅ้ฃŸในใ‚‰ใ‚Œใชใ„ไบบใฏใ€ใƒฉใƒžใƒ€ใƒณใฎๆ™‚ๆœŸใ˜ใ‚ƒใชใ„ใฎใซใ€ๆ–ญ้ฃŸใ‚’ใ—ใฆใ€ใŠใชใ‹ใ‚’ใ™ใ‹ใ›ใฆใ„ใ‚‹ใจๆ€ใ„ใพใ™ใ€‚ใใ†ใ„ใ†ไบบใซใ€้ฃŸใน็‰ฉใ‚„ใŠ้‡‘ใ‚’ใ€ใ‚ใ‘ใฆใ‚ใ’ใŸใ‚‰ใ€ๆฏŽๆ—ฅ้ฃŸในใ‚‰ใ‚Œใชใ„ไบบใŒๅฐ‘ใชใใชใฃใฆใ„ใใจๆ€ใ„ใพใ™ใ€‚
 ๆ–ญ้ฃŸใ‚’ใ™ใ‚‹ใจใ€ๅฐ‘ใ—ใŠใชใ‹ใŒใ™ใ„ใŸใ‚Šใ€ใคใ‹ใ‚ŒใŸใ‚Šใ™ใ‚‹ใ‘ใฉใ€ใƒ ใ‚นใƒชใƒ ใฎไบบใฟใ‚“ใชใ€ๆ–ญ้ฃŸใ‚’ใ—ใฆใ„ใ‚‹ใ—ใ€ใชใซใ‚ˆใ‚Šๆ–ญ้ฃŸใ‚’ใ—ใŸใ‚Šใ€ใŒใ‚“ใฐใฃใฆQURANใ‚’่ชญใ‚“ใ ใ‚Šใ™ใ‚‹ใจใ€ๅคฉๅ›ฝใซใ€ใฏใ„ใ‚Œใ‚‹ใ‹ใ‚‰ใ€ใƒฉใƒžใƒ€ใƒณใ‚’ใŒใ‚“ใฐใ‚ŠใŸใ„ใงใ™ใ€‚
 ใƒ ใ‚นใƒชใƒ ใฎไบบใ‚‚ใ€็งใ‚‚ใ€ใƒฉใƒžใƒ€ใƒณใ‚’ใŒใ‚“ใฐใฃใฆๅคฉๅ›ฝใซใฏใ„ใ‚Œใ‚‹ใ‚ˆใ†ใ€ALLAH SWTใซใ€ใŠใญใŒใ„ใ‚’ใ—ใพใ™ใ€‚
 
 ็ฅžๅฅˆๅท็œŒใ€€๏ผ•ๅนดใ€€ใƒฉใ‚คใƒใƒŠใ‚ขใ‚คใ‚ทใƒฃใ‚ถใƒใƒฉ
 ๏ฝ›RAIHANA AISYAH ZAHRA, kelas 5 SD๏ฝ
 

Ini cerita kakak yang lebih besar, kelas 5 SD, Raihana. Teman-temannya suka tanya, “kenapa nggak makan?”, “emang nggak lapar?”. Tapi Raihana tetap semangat puasa karena ia ingin masuk surga. Ia pikir, begini rasanya orang yang nggak bisa makan. Orang yang nggak bisa makan itu, harus puasa walaupun bukan bulan Ramadhan. Di akhir ceritanya, Raihana berdoa semoga orang-orang yang semangat puasa di bulan Ramadhan bisa masuk surga. MashaaAllah.๐Ÿ™‚

11059397_935582569817544_7792373694057662905_n
foto dok.Fahima
ๅƒ•ใฎใƒฉใƒžใƒ€ใƒผใƒณ
 
 ไปŠๅนดใ‚‚ใƒฉใƒžใƒ€ใƒผใƒณใฎใจใใŒๆฅใพใ—ใŸใ€‚ใใฎใชใ‹ใงใ‚‚ๆ–ญ้ฃŸใฏๅคงใใ„ใ‚‚ใฎใงใ™ใ€‚
 ๆ–ญ้ฃŸใŒๅง‹ใพใ‚‹ๅ‰ใฏใ€็‰นใซใ‚นใ‚ฑใ‚ธใƒฅใƒผใƒซใฏๆฑบใ‚ใฆใ„ใพใ›ใ‚“ใงใ—ใŸใŒใ€ใ€Œใ‚‚ใ†ใ™ใๆ–ญ้ฃŸใŒๅง‹ใพใ‚‹ใ‚“ใ ใ€ใจๆฐ—ๆŒใกใ‚’ๅ…ฅใ‚Œๆ›ฟใˆใฆๆ–ญ้ฃŸใซๆœ›ใฟใพใ—ใŸใ€‚
 ๆ–ญ้ฃŸใ‚’ใ—ใฆใ„ใ‚‹ใจใใฏใ€ใ‚ฏใƒซใ‚ขใƒผใƒณใ‚’ใŠๆฏใ•ใ‚“ใจ่ชญใ‚“ใ ใ‚Šใ€ใ‚ตใ‚ฆใƒซใŒ็ต‚ใ‚ใฃใŸใ‚ใจใฎใ‚ฝใƒฉใ‚’ใŠๆฏใ•ใ‚“ใจไบŒไบบใงใ—ใŸใ‚Šใ—ใฆใ€ใ‚นใ‚ฑใ‚ธใƒฅใƒผใƒซใ‚’ๆ›ธใ„ใฆใ„ใชใ„ๅˆ†ใ€ไธ€็”Ÿๆ‡ธๅ‘ฝใ—ใฆใใพใ—ใŸใ€‚
 ๅญฆๆ กใงใ—ใฆใ„ใ‚‹ใจใใ€ๅฎถใจ้•ใ†็’ฐๅขƒใฎไธญใงใ€้ ‘ๅผตใฃใฆใ„ใพใ—ใŸใ€‚ใŸใพใซๅ‹้”ใ‹ใ‚‰ใ€Œๆ–ญ้ฃŸใ‚„ใ‚‰ใชใใฆใ„ใ„ใ‚“ใ˜ใ‚ƒใชใ„๏ผŸใ€ใ‚„ใ€Œใ‚‚ใ†้ฃŸในใกใ‚ƒใˆใฐ๏ผŸใ€ใชใฉใ‚’ใ„ใ‚ใ‚ŒใŸใ“ใจใŒใ‚ใ‚Šใพใ™ใ€‚ใงใ‚‚ใ€ใ‚คใ‚นใƒฉใƒ ใฎไบบใชใ‚‰ใ‚„ใ‚‰ใชใ‘ใ‚Œใฐใ„ใ‘ใชใ„ใ“ใจใ ใ‹ใ‚‰ใ€่จ€ใ‚ใ‚Œใฆใ‚‚้ฃŸในใชใ„ใงใ„ใพใ—ใŸใ€‚
 ็ตฆ้ฃŸใฎๆ™‚้–“ใฏใ€ๅˆฅใฎ้ƒจๅฑ‹ใซ่กŒใฃใฆใ‚ฝใƒฉใ‚’ใ—ใŸใ‚Šใ€ๅ‹‰ๅผทใ—ใŸใ‚Šใ—ใฆใ„ใพใ—ใŸใ€‚ๆ–ญ้ฃŸใ‚‚ใ‚‚ใ†ใ™ใ็ต‚ใ‚ใ‚Šใงใ™ใŒใ€ไปŠๅนดใ‚‚๏ผ‘ๆ—ฅใ‚‚ไผ‘ใพใšใซใ‚„ใ‚ŒใŸใฎใง่‰ฏใ‹ใฃใŸใงใ™ใ€‚
 ้€†ใซๅฟƒใ‹ใ‚‰ๆ‚ฒใ—ใ„ใ“ใจใ‚‚ใ‚ใ‚Šใพใ™ใ€‚ใƒ‘ใƒใƒฉใŒๅ€ใงใ‚‚ใ‚‰ใˆใ‚‹ใฎใซใ€ใ‚‚ใ†็ต‚ใ‚ใ‚Šใ ใชใ‚“ใฆใ€ๅฏ‚ใ—ใ„ใงใ™๏ฝกๆฅๅนดใฏ้ ‘ๅผตใ‚Šใพใ™ใ€‚
 
 ้ ่—ค ้š†ไธ€
 
 Endo Ryuichi ๏ผˆahmad๏ผ‰
 Kelas 2 SMP 
 Boku No Ramadhan (Ramadhan Saya)

Lain lagi ceritanya Ryuuichi niichan. Sudah agak besar (SMP), jadi tantangannya juga lebih besar. Teman-temannya pun suka menggoda, “nggak usah puasa nggak papa kan?”, “udah makan aja.”.๐Ÿ˜› Tapi Ryuichi tetap kuat. Saat makan siang, ia pergi ke ruangan lain untuk sholat dan belajar. Dan sampai cerita ini ditulis, puasa Ryuichi belum pernah bolong. Mashaa Allah.๐Ÿ™‚

Dan banyak lagi cerita yang bikin mashaa Allah-mashaa Allah lainnya. Anak anak ini kecil kecil sudah bisa berdakwah ke teman-temannya. Menjadi duta islam dengan perbuatannya. Nggak perlu jadi da’i cilik berceramah panjang lebar, cukup dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan teman-teman kecilnya, mengapa mereka puasa, mengapa mereka sholat, mengapa mereka nggak makan daging selain yang halal, mengapa harus memakai hijab bagi yang perempuan, dll, dll. Ini lah ladang amal mereka. *terharu*

Tentu saja di balik anak hebat, ada orangtua hebat. Yang dengan sabar memberi contoh teladan, yang dengan sabar mengajarkan dan menjelaskan. Membuahkan anak anak yang istiqomah. Karena anak adalah amanah yang kelak akan dimintakan pertanggung-jawabannya di akhirat. Sudahkah mengajarkan tentang ketauhidan Allah?

***

“Sesungguhnya Allah telah menetapkan atas diri-Nya bahwa siapa yang membuat jiwanya kehausan (untuk berpuasa) karena Allah pada hari yang panas, maka wajib bagi Allah memberinya minum pada hari kiamat.”

Abu Darda berkata,

ุตููˆู…ููˆุง ูŠูŽูˆู’ู…ู‹ุง ุดูŽุฏููŠุฏู‹ุง ุญูŽุฑูŽู‘ู‡ู ู„ูุญูŽุฑูู‘ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู†ูู‘ุดููˆุฑู ูˆูŽ ุตูŽู„ูู‘ูˆุง ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ูููŠ ุธูู„ู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ูŽู‘ูŠู’ู„ู ู„ูุธูู„ู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูุจููˆุฑู

“Berpuasalah pada hari yang sangat panas, untuk menghadapi hari kebangkitan, dan shalatlah dua rakaat di kegelapan malam, untuk menghadapi gelapnya kubur.”

***

Kariya, 28 Ramadhan 1436 H

17 thoughts on “Para Duta Islam Cilik

  1. terharu mbak. luar biasa mereka. kebalikan dgn anak2 di sini. meski lingkungan muslim, anak2 tdk diajar sholat, berpuasa, dll pdhal usia udah 9-10 thn. wajar sih ya, krn ortunya jg blm tentu sholat. sedih sih ngeliatnya.

    1. Apa mungkin budaya di sana yang nggak membiasakan ngajarin anak2 sejak dini, mbak? Karena kata teman saya yg tinggal di sini, ada temannya yg asalnya dari timteng (saya lupa, mesir apa turki ya?) juga nggak ngajarin anaknya yg masih kecil puasa. Beda sama budaya Indonesia yg anak usia balita aja udah diajarin puasa, walaupun cuma beberapa jam aja.

  2. Masya Allah, aku baca suratnya yg bahasa Jepang bener bener terharu dan bangga sama mereka..semoga mereka tetap istoqamah dalam Islam, dan tidak hanya menjadi duta cilik tp juga duta “dewasa” Islam sampai mereka besar nanti…Aamiin…

  3. Tersentuh sekali ketika membaca artike ini… Semoga dimudahkan umat muslim di Jepang sana dalam menjalankan ibadahnya, aamiin.
    Saya tertarik tentang pelaksanaan Iedul Fitri di Jepang, semoga mba mama nisa bisa share ya.. hehe๐Ÿ˜€

  4. masha alloh..salut sama anak anak ini, diturki walo mayoritas muslim, masih sedikit sekali yg mengajarkan anak anaknya berpuasa disiang hari…krn cuaca musim panas .padahal mereka lbh enak..krn sekolah sudah diliburkan pas summer dan jatuh pas ramadhan juga…bangga deh sama adik2 di jepang ini

    1. ramadhan tahun ini kebetulan jatuhnya sebelum liburan summer mbak. di Jepang libur summer nya mulai pertengahan juli sampai agustus. tapi alhamdulillahnya, ramadhan tahun ini belum puncak musim panas. tapi tetep aja salut ya sama adek2 ini. makasih sudah mampir mbak rahma.๐Ÿ™‚

  5. ใ†ใ‚Œใ—ใ„ใชใ‚
    bahagia sekali ya, bisa mengajari anak-anak puasa sekalipun berat. dan lebih bahagia lagi mereka bisa berdakwah๐Ÿ™‚
    Selamat Idul Fitri untuk saudara-saudari di Jepang๐Ÿ™‚

  6. terharu
    sampe orang jawa bilang “mbrebes”.hiks…smg anak2 ku bs sekuat itu.
    di indo tmn nya yg puasa banyak sih,anakku enjoy2 aj…
    semangat buat yg d jepang yaaa..
    taqobalallohu minna wa minkum (telat gpp y bu…hehe)

  7. ใ™ใ”ใ„โฃ
    hebat bgt perjuangan anak2 muslim disana, pdhal di nihon kan godaannya banyak. wkwkwk. itu puasa full alias bukan puasa bedhug ? kerennya..
    ohya, katanya disana ada sekolah buat anak2 muslim ya, betulkah mama nisa?๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s