Beda Hoikuen dan Youchien

Saya sering dapat pertanyaan seputar apa beda hoikuen dan youchien. Sebaiknya memasukkan anak ke hoikuen atau youchien?

Singkat aja ya saya jelasinnya, sebatas pengetahuan saya aja.

  1. Hoikuen kurang lebih artinya adalah daycare, tempat penitipan. Sedangkan youchien adalah taman kanak-kanak atau TK.
  2. Hoikuen bisa dimulai dari bayi umur 0 tahun sampai 5 tahun (sebelum masuk SD). Youchien dimulai umur 3 – 5 tahun (sebelum masuk SD).
  3. Hoikuen hanya bisa dimasuki oleh anak yang orangtuanya bekerja (ayah dan ibu). Sedangkan youchien tidak. Bisa ayahnya saja yang kerja atau ibunya saja. Yang penting ada yang jaga selama anak di rumah (tidak sekolah).
  4. Kalender hoikuen mengikuti kalender orang kerja (perusahaan). Biasanya hanya ada 3 kali libur panjang selama setahun, yaitu satu minggu libur golden week (sekitar april-mei), satu minggu libur obon (pertengahan agustus), dan satu minggu libur akhir tahun (akhir desember-awal januari). Sedangkan youchien mengikuti kalender biasa (pemerintah). Jadi, kalau di kalender tanggal merah ya libur. Ditambah libur musim panas selama satu setengah bulan (juli-agustus).
  5. Jam masuk hoikuen biasanya dari pukul 7 atau 8 – 18 (tergantung hoikuennya). Menyesuaikan jam kerja orangtua. Biasanya ada ekstensi sekitar 1-2 jam buat orangtua yang telat jemput karena ada urusan (kena biaya tambahan). Kalau jam masuk youchien biasanya dari pukul 9 – 15. Dan ada ekstensi sampai pukul 16 saja (kena biaya tambahan juga). –> tergantung youchiennya.
  6. Baik hoikuen maupun youchien tahun ajaran baru dimulai bulan April (tapi bisa juga masuk di tengah-tengah ajaran). Pendaftaran biasanya sudah dibuka bulan Oktober atau November tahun sebelumnya. Hoikuen pendaftarannya dilakukan di shiyakusho (kantor walikota setempat), bagi yang ingin masuk hoikuen negeri. Sedangkan youchien (negeri atau swasta) biasanya dilakukan di sekolahnya masing-masing.
  7. Sebelum masuk hoikuen dan youchien, akan ada wawancara sederhana. Kalau hoikuen yang diwawancara orangtuanya. Akan ditanya seputar pekerjaan si ibu, dll. Sedangkan youchien yang diwawancara adalah anaknya. Dari situ akan dilihat kesiapan si anak masuk sekolah. Misal respon si anak terhadap sekitar, dll.
  8. Biasanya baik hoikuen maupun youchien negeri, menetapkan jumlah kuota maksimal. Jika anak yang mendaftar melebihi kuota, akan dilakukan pengundian. Jadi, ada juga kasus anak yang nggak diterima di hoikuen negeri karena penuh. Dan biasanya orangtua beralih ke sekolah swasta.
  9. Kegiatan hoikuen dan youchien kebanyakan sama. Ini sudah standar seluruh sekolah di Jepang. Misalnya semester pertama ada upacara penerimaan murid baru, peringatan hari anak, bermain air (berenang), dll. Semester kedua ada festival olahraga, dan pentas seni. Dan semester ketiga ada happyoukai (pentas / pertunjukan). Hanya waktu pelaksanaannya yang berbeda tergantung masing-masing sekolah.

 

Udah itu aja sih yang saya tau. Kalau ada yang kurang, mohon ditambahkan. Jadi, sesuaikan dengan kondisi keluarga masing-masing mau memasukkan anaknya ke mana. Bukan masalah lebih bagus mana, hoikuen atau youchien, tapi lebih ke kondisi keluarga terutama si ibu.

Nisa dulu pernah saya masukkan ke hoikuen umur 18 bulan sampai 3 tahun, karena saya sekolah sambil kerja. Setelah saya berhenti sekolah, saya masukkan Nisa ke youchien. Karena umur Nisa juga sudah 3 tahun lebih dan saya pun hanya kerja part-time pagi hari yang waktunya fleksibel.

Nisa sekarang sudah tahun kedua di youchien. Masih ada satu tahun lagi sebelum masuk SD. SD di Jepang dimulai umur 6 tahun. Baik anak dari hoikuen maupun youchien, bisa masuk SD. Nggak mesti harus youchien (TK) dulu.

Semoga bisa terjawab yaaa pertanyaannya. Nggak perlu galau lagi. Hehe.πŸ™‚

 

Β (Nisa di hoikuen)
(Nisa di youchien)

10 thoughts on “Beda Hoikuen dan Youchien

  1. Nisa uda gedeeeekπŸ˜€

    Ah makasih Mbak, uda ngasih penjabaran yang oke. Aku emang gak paham masalah hoikuen en youchien ini. Gitu baca jadi ngerti. Wkwkwk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s