Dress For My Girl

Punya anak perempuan ituuu, pengennya didandanin begini begitu. Bener nggak siih? *ngacung yang punya anak cewek* Yah, mumpung anaknya masih kecil ya, belum bisa protes. wekekeke

Saya, dari Nisa bayi, selalu pengen bikinin sesuatu. Dari mulai headband, sepatu bayi rajut, trus Nisa mulai sekolah saya bikinin tas-tas buat keperluan sekolahnya, dan sekarang saya coba membuat baju.

387568_2553912779669_1000987192_n
Nisa chan dengan headband buatan mama.❤

Ih, pasti pinter jahit yaaa?? Emmm…. you know what? Itu semua pengalaman baru buat saya! Kalau cuma sekedar masukin benang ke jarum trus jahit kancing yang lepas, bisa lah. Udah paling itu aja. Dulu pernah diajakin temen kursus rajut, saya ogah. Bayarnya mahal euy, hahaha. Takut saya bosen di tengah jalan dan nggak pinter-pinter, kan sayang udah bayar mahal.😀

Belum ada motivasi kali ya. Sekarang, my girl is my motivation. Seneng liat ekspresi Nisa, “kore boku no tame tsukutta no? Suteki…” (ini bikin buat aku? keren…) ^_^ *melayang dah emaknya*

Dan syukurnya, di Jepang ini gampang banget nemuin peralatan jahit. Di toko 100 yen shop pun ada. Murah meriah. Orang Jepang memang terkenal suka bikin kerajinan dan keterampilan.

Memberanikan diri beli mesin jahit. Untung di Jepang banyak toko second yang jual mesin jahit. Kondisi masih bagus dengan harga yang terjangkau. Saya beli 5000 yen (500rb rupiah) kalo nggak salah. Emang sih, nggak merhatiin merk. Jadi, kalo tanya saya merk mesin jahit apa yang bagus buat pemula, ato kualifikasi lainnya, saya nggak tau. Kalo saya merhatiin harga. wkwkwkwk.

Nah, waktu awal2 beli mesin jahit, saya nggak tau gimana cara pasang jarum sama benang! Yah, namanya juga baru pertama nyentuh mesin jahit. Dan maklum barang second, jadi buku petunjuknya nggak ada. Ilang kali. Yaudah saya ubek ubek yutub. Ribet ya bo ternyata.

Mesin itu pertama saya gunakan buat bikin perlengkapan tas-tas sekolah Nisa. Abis itu udah, nganggur lumayan lama. *penyakit malas kambuh*

Karena kasian mesinnya berdebu, takut malah rusak karena dimainin Nisa (berkali-kali nyopotin ‘sepatu’ jahit). Jadi mari kita eksekusi proyek selanjutnya. Mumpung Nisa belum terlalu gede, masih balita, jadi belum terlalu ribet kalo mau buat baju. *nggak perlu kain banyak banyak*😀

Percobaan pertama, saya coba bikin baju muslim panjang. Maklum, di Jepang ini susah nyari long dress. Adanya paling yang tangannya buntung, atau yang panjangnya nanggung (selutut). Jadi, yuk coba bikin.

Pertama, saya pake bahan rok dan kaos saya yang udah nggak kepake. Polanya saya ceplak dari baju Nisa. Tutorialnya saya liat di youtube. Saya cari tutorial paaaaling simpel. Hasilnya…. not bad lah. Walaupun jahitan masih pletat pletot. Masih banyak yang brudul brudul dalemnya. Hihihi.

Baju ini dibilang Nisa, Cinderella doresu (baju cinderella). Karena anak ini lagi seneng sama Cinderella, jadi semua baju yang panjang panjang dia namain bajunya cinderella.😀

11143454_10206028864673222_6914319717076830624_n
first project: Baju muslim.

Nah, sekarang kepengen lagi bikin baju yang agak bener. *emang kemaren bo’ongan*. Maksudnya kali ini saya beneran beli kain di toko kain, bukan pake bekas saya. Trus cari polanya juga. Kebetulan di toko craft tempat saya beli kain itu ada buku pola membuat dress anak. Modelnya simpel banget. Ada size nya dari S M L. Passss banget nih. Cuma 500 yen. Sip lah, bisa dipake lagi buat nanti nanti. Secara saya nggak bisa bikin pola.😛

Bahannya ada yang lagi diskon, 2 meter harga 899 yen. Mayan. Saya pilih kain warna hitam. Supaya kalo pake kerudung warna apa aja masuk. Hahaha. *belum bisa bikin kerudung*

Daaan, minggu kemarin saya eksekusi. Seharian di hari minggu saya full berkutat dengan kain, gunting, benang, mesin, dll. Sampe nggak masak pagi dan siang. Haha. Untung papa Nisa mau gantiin masak.😛 *daripada kelaperan, istrinya nggak bisa diganggu gugat*

Dan taraaa….

DSC_0360
ini bikin size L dengan panjang rok yang dipanjangin menyesuaikan tinggi Nisa. Biar bisa dipake sampe lama. wkwk
cats1
Nisa chan with her new dress.🙂

catsMayan kan buat dipake lebaran haji bentar lagi. Hihihi.

Saya itu nggak bisa masak dan nggak suka masak juga sebenernya. Daripada nguplek seharian bikin kue, saya lebih seneng nguplek seharian bikin baju, aksesoris, atau semacamnya kayak gini. heuheu. Yaa, minat orang kan beda beda ya.

Yang penting do what you like, like what you do.🙂

#HappyMonday

7 thoughts on “Dress For My Girl

Leave a Reply

