Lampu Ijo Apa Lampu Biru?

7a6395cc7bb52453875efc87a141d5fd

Kalau ngeliat gambar di atas, kamu nyebutnya warna apa? Semua sepakat ijo ya? ya? ya? Ini bahasa inggrisnya juga green light kan, ya?

Tapi di Jepang, ini disebut 青い信号 (aoi shingou) yang artinya lampu biru. Hah? Biru?

Yup! Orang Jepang nyebut ini ao (biru). Tapi kalau bicara warna, bukan bicara lampu lalu lintas, warna ini tentu saja adalah 緑 (midori) yang artinya hijau.

Saya pas ujian SIM sempet bingung waktu tes buta warna. Jadi saya disuruh ngintip di lobang, di situ akan terlihat lampu lalu lintas menyala bergantian, merah, kuning, ijo, dan kita disuruh nyebut apa warna yang muncul. Nah, pas muncul warna ijo saya sempet keseleo lidah dengan nyebut midori, tapi buru buru saya ralat jadi ao (biru). *fiuh*

Kenapa bisa begitu?

Konon katanya, orang Jepang zaman dulu nggak mengenal kata hijau. Warna hijau dan biru dikelompokkan jadi satu warna yaitu biru (ao). Kata hijau (midori) baru dikenal pada zaman Heian. Tapi kata midori pun saat itu masih agak agak bingung sama biru. Jadilah sampai sekarang banyak kosakata bahasa Jepang yang masih pakai kata ao untuk mendeskripsikan warna hijau. Contoh: 青りんご (ao ringo), apel hijau; 青葉 (ao ba), daun hijau; dll.

Nah, yang bingung sekarang ngajarin si Nisa. Dia nih belum lulus soal menghapal warna. *krik krik*. Tapi kalau warna dasar aka・kiiro・ao (merah, kuning, biru) sih inshaa Allah udah hapal. Midori dan teman temannya yang masih suka ketuker tuker.

Nah kalo pas lagi di lampu merah, masa’ saya harus ngajarin, “Nak, tunggu sampe lampunya biru baru jalan, ya.”. Tapi, yah begitulah. >_<!

***

15 thoughts on “Lampu Ijo Apa Lampu Biru?

  1. Hahah.. Iya, Mbak.. Dulu si Tomo pernah cerita tentang biru yang ternyata ijo ini.. Tapi berhubung dia ngomongnya cepet-cepet, aku ngga ngerti deh..😛

    Ternyata dari pengelompokan warna toh.. Lumayan bikin puyeng jugak yaaaa..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s