#MFF ULTAH: Bikin Malu!

Tips-Dan-Motivasi-Belajar-Untuk-Siswa-Sekolah
image from here

“Bu Sandra, selamat ya! Cecil juara dua, pinter banget deh. Pasti belajar terus ya,”

Itu adalah ucapan kesekian yang diterima Mama dari Ibu-Ibu temanku. Memang hari ini adalah hari pengambilan rapor sekaligus pengumuman siswa berprestasi selama semester ini. Dan aku berhasil meraih juara dua dalam perolehan nilai ujian akhir tertinggi satu sekolah.

Mama terseyum kecil menanggapi, kemudian berlalu menuju gerbang sekolah. Aku mengikutinya dari belakang. Sepanjang perjalanan pulang di mobil Mama tidak berkata apa pun. Hanya diam.

Aku mencuri pandang sekilas ke arah Mama yang sedang mengemudi.

Apa aku melakukan kesalahan? Pasti aku melakukan kesalahan. Tiba-tiba hatiku menjadi tidak tenang.

Sesampai di rumah, Mama langsung menuju kamarku. Tiba-tiba ia mulai mengobrak-abrik buku-buku di meja belajarku. Memeriksa semua koleksi bukuku. Aku melihatnya ngeri.

“Ma…,” ucapku lirih sambil menahan air mata yang mau jatuh.

“Ini hasil belajarmu? Hanya juara dua?? Dan kamu menyuruh Mama untuk datang hari ini ke sekolah untuk menerima penghargaan sebagai juara dua?? Jangan pernah lagi bikin Mama malu seperti tadi Cecil!! Mama tidak percaya Mama sampai harus mengambil cuti untuk ini. Aarrggghh!!” Teriak Mama padaku dengan wajah merah padam.

Lututku lemas. Aku memang tidak pernah bisa membuat Mama bangga padaku. Sekeras apapun aku belajar dan berusaha, aku hanyalah si bungsu dengan prestasi paling buruk dibanding kakak-kakakku.

***

jumlah kata: 213

***

Postingan ini sebenarnya adalah repost dari postingan dua tahun lalu. Saya sedikit revisi lagi untuk meramaikan ulang tahun Monday Flash Fiction yang kedua, karena temanya pas “kedua”. ^_^

Happy birthday, MFF!πŸ™‚

10533551_10153040412810489_9069669652546574389_n

17 thoughts on “#MFF ULTAH: Bikin Malu!

Leave a Reply

