I Know it’s Winter When…

Bulan November kemarin udah mulai dingin sih, tapi belum seberapa. Walaupun sempat beberapa kali drop di bawah 10 derajat, tapi minggu berikutnya menghangat lagi. Kalo kata obaachan di tempat kerja saya, “kore mada mada atsui da yo.” (ini sih masih panas). Glek! Dasar orang Jepang, suhu 10~18 derajat masih dibilang panas. Heuheu.. -_-

Bulan Desember barulah winter yang sebenarnya. Kok tahu? Hoho… Ini udah winter saya yang keempat di Jepang. Dikit dikit udah hapal lah gejalanya. *dikira penyakit apa*πŸ˜›

I know it’s winter when…

1. Suhu di bawah 10 derajat. Ini pasti lah ya. Suhu malam hari sampai pagi berkisar 0~6 derajat. Siang sampai sore 7~10. Setidaknya ini berlaku di kota saya. Wilayah Aichi jarang bersuhu minus kecuali saat salju, itupun paling rendah hanya -1 atau -2. Thanks God for that. ^_^

2. Angin dingin. Beda aja gitu angin november sama angin desember. Angin desember lebih dingin. Rasanya kayak pas buka kulkas trs langsung brrr gitu. ^_^

3. Air keran juga ikut dingin. Berasa cuci tangan pake air es. Keran air di dapur saya nggak pake pemanas, jadi kalo cuci piring pas musim dingin itu rasanyaaaa…. beku. ^_^;;

4. Daun pohon sakura tiba-tiba rontok semua. Ini terjadi pada pohon sakura sebelah apato saya. Setelah hujan dua hari berturut turut, besoknya saya sadar kalo daun sakura udah rontok semua disertai angin dingin pertanda winter sudah datang. ^_^

5. They light things up! Deretan pohon di pinggir jalan, kebun bunga di taman wisata, sampai rumah rumah dipasang lampu yang akan menyala cantik di malam hari. Biasanya ini sudah dimulai dari akhir november. Coba deh jalan jalan ke stasiun kota atau pusat kota saat malam hari. Romantiisss… walaupun kedinginan sih. ^_^

6. Truk penjual minyak tanah mulai datang keliling tiap minggu sekali. Dengan full musik! Biasanya yang diputar lagu anak anak. Orang Jepang banyak juga yang pakai pemanas berbahan bakar minyak tanah. Dan kedatangan truk penjual minyak keliling ini sangat membantu, nggak perlu repot datang ke pom bensin buat beli minyak tanah. Kalau truk ini sudah mulai beroperasi, berarti winter sudah datang! ^_^

7. Napas saya berasap. Hahaha. Dasar norak. *abaikan*πŸ˜€

Kira-kira itu tanda-tandanya menurut versi mama nisa. Ada yang mau menambahkan?πŸ˜‰

1501805_10202082264170676_412548512_n
Nisa chan, winter 2013.πŸ™‚

Well, no snow yet in Nagoya or Kariya, but I know winter is here!πŸ˜€

***

16 thoughts on “I Know it’s Winter When…

  1. Iya mama nisa, kt suami ini lg dingin maklum krn alergi dingin maka badan suami lg gatal2 di sana. Kami memang alergi dingin, sepasang, sama gatalnya hahaha.

    Untung ya sy g ikut *ngeles*

    Klo winter ngapain aja di sana?

    1. Oia pohon2 yang dikasih lampu itu bagus ya, jadi mupeng pengen liat langsung. Sblumnya ktnya pohon2nya dirapiin dulu ya. Ngrapiinnya jg ga asal2an. Keren ya.

  2. Akhirnya beraniin diri buat komen hehe setelah sudah seminggu ini baca2 postingan disini

    Salam kenal mbak.Tulisannya inspiratif banget. Apalagi tentang hidup di jepang. Saya sangat suka itu. Sangat menginspirasi saya. Karna saya sudah menyukai apapun tentang jepang dari tahun 2003. Semoga juga saya bisa kesana baik itu kerja disana ataupun hanya liburan.

    Selama ini cuma liat2 budaya paling lewat browsing. Sy jg tau blog ini dari browsing2. Ga tau nyasar kesini dan sangat2 ga nyesel haha

    Terus berkarya ya mbak. InsyaAllah sy selalu pantengin hehe. Dan salam untuk nisachan terutama.

  3. Akhirnya beraniin diri buat komen hehe setelah sudah seminggu ini baca2 postingan disini

    Salam kenal mbak.Tulisannya inspiratif banget. Apalagi tentang hidup di jepang. Saya sangat suka itu. Sangat menginspirasi saya. Karna saya sudah menyukai apapun tentang jepang dari tahun 2003. Semoga juga saya bisa kesana baik itu kerja disana ataupun hanya liburan.

    Selama ini cuma liat2 budaya paling lewat browsing. Sy jg tau blog ini dari browsing2. Ga tau nyasar kesini dan sangat2 ga nyesel haha

    Terus berkarya ya mbak. InsyaAllah sy selalu pantengin hehe. Dan salam untuk nisachan terutama.

Leave a Reply

