Sekarang ke Jepang Bebas Visa?

Menurut desas desus, katanya mau diberlakukan bebas visa ke Jepang ya? Menurut sumber dari sini, mulai Januari 2015 WNI bakal bebas ke Jepang tanpa visa. Etapi ada lagi berita terbarunya di sini, mulai 1 Desember 2014 WNI bebas visa ke Jepang. *maju satu bulan* Wow! Judulnya menggiurkan banget ya.

Ayo deh pada berbondong-bondong ke Jepang! Wah, gua mau jalan-jalan ke Tokyo! Pengen lanjutin kuliah! Sukur sukur kalo bisa kerja dan tinggal di Jepang! Langsung ngepak koper, bawa paspor sama tiket pesawat. Iya, abis itu sampe di Jepang langsung dideportasi! Hahahah. Lah, katanya nggak pake visa, gimana sih?

visa

Ehm, sabar Mas/Mbak bro. Coba dicermati dulu beritanya. Untuk bisa bebas visa pun ada syaratnya. Ribet banget sih. Nggak bebas dong ah ini namanya. Kalo bebas tuh kayak dari Jakarta mau ke Papua tuh baru bebas nggak usah pake visa, *ya iyalah masih Indonesia kan? walopun perjalanannya sama-sama 8 jam naik pesawat. fiiuh*πŸ˜€

Ini info resminya dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Saya kutip ya:

Pada tanggal 17 Juni 2014, Pemerintah Jepang telah mengumumkan rencana mengenai pembebasan visa bagi pemegang paspor biasa RI. Namun “berangkat ke Jepang tanpa visa” ini akan dibatasi pada pemegang e-paspor (paspor dengan IC), yang rencana tinggal di Jepang di bawah 15 hari dan telah mendaftarkan diri (registrasi) di Kedutaan Jepang atau kantor Konsulat Jepang terlebih dahulu.

Kebijakan ini akan dimulai pada tanggal 1 Desember 2014, namun mengenai bagaimana prosedurnya, saat ini masih dalam tahap pembahasan. Kami akan mengumumkan di website Kedutaan dan Konsulat, segera setelah keputusan tersebut keluar.

Info di atas cukup jelas ya. Jadi yang diperlukan adalah e-paspor. Kalau belum buat paspor, silakan bikin yang e-paspor, kalau yang udah terlanjur buat paspor biasa, silakan ganti dengan e-paspor. Mekanismenya silakan datang sendiri ke kantor imigrasi Jakarta, Batam, dan Surabaya (kayaknya baru 3 kota ini yang bisa mengeluarkan e-paspor). Gunanya e-paspor ini supaya bisa dibaca oleh komputer di imigrasi bandara-bandara Jepang. Maklum teknologi canggih.πŸ˜€

Setelah e-paspor ini jadi, bawa dulu ke kedubes Jepang untuk didaftarkan. Didaftarkan di sini saya yakin bukan cuma dilihat dan dicatat e-paspornya, tapi tentu saja diverifikasi juga. Mungkin dilihat catatan personalnya apakah pernah terlibat kriminal atau nggak, kemampuan finansialnya cukup atau nggak untuk memenuhi kebutuhan ia selama di Jepang, tujuan ia ke Jepang untuk apa, kalau lolos verifikasi baru deh bisa bebas visa ke Jepang. Eh, ini asumsi saya aja sih, secara prosedur resminya belum keluar dari pihak kedubes. Hehe. Yah, paling begitu.πŸ˜›

Daaan, yang patut digaris-bawahi lagi adalah kunjungan dibatasi kurang dari 15 hari! Ini poin pentingnya ya. Dalam waktu kurang lebih 2 minggu bisa apa? Paling jalan-jalan aja kan (turis), atau kunjungan bisnis (urusan kantor), atau mengunjungi keluarga atau teman yang ada di Jepang. Jadiiii, kalau tujuannya mau sekolah atau mau kerja di Jepang, TETEP butuh visa yaaa.πŸ˜‰

Sampai di sini paham ya? Nggak papa, ini udah kemajuan loh. Dengan kelonggaran visa ini, diharapkan turis dari Indonesia akan meningkat. Jepang kan sedang persiapan menuju Olimpiade 2020, jadi emang lagi gencar promosi pariwisata ke Jepang. Selain itu, Jepang juga sedang berbenah menambah fasilitas ramah muslim. Salah satunya dengan membangun mushala di bandara-bandara di Jepang, juga kampanye tentang makanan halal. Semoga ke depannya semakin banyak restoran Jepang yang menyediakan makanan halal dan tempat sholat di tempat-tempat wisata.

Nah, kita juga harus menghargai usaha pemerintah Jepang ini. Ikuti prosedurnya, patuhi aturannya. Kalau bebas visanya cuman 15 hari ya patuhi, jangan sampai over-stay. Istilahnya, kita sudah dipersilakan datang berkunjung dan menginap di rumah orang, eh malah tamunya nggak pulang-pulang. Jaga citra baik dan nama Indonesia. Kalau tamunya baik dan mematuhi aturan-aturan yang ada di rumah tersebut, bukan nggak mungkin nanti tuan rumah akan lebih membebaskan lagi untuk datang berkunjung.πŸ˜‰

So, welcome!

***

20 thoughts on “Sekarang ke Jepang Bebas Visa?

  1. Nah gitu dong Jepang, kalau ramah sama turis muslim dengan mushalla dan banyak makanan halal kan kita jadi enak ya, Mak. Moga bisa ke Jepang suatu saat nantiπŸ˜€

  2. Naaahhhh, cocok ini mamanisa, buat yang kebanyakan seneng duluan, ga bisa menelaah dulu, hehe..
    Sebagai staf kantor di perusahaan otomotif yang kerjaan nya ngurusin pembuatan paspor & visa karyawan yang mau training ke Jepang, saya juga sempet sangsi nih, Masa iya, beneran mau bebas visa?
    Soalnya yang saya tau, imigrasi masih ngeluarin paspor biasa tuh, bukan e paspor. Baru tau kalau cuma di 3 kota itu aja yang bisa issue e paspor.
    Ga mungkin lah ya, serta merta bebas gitu. pasti ada aja prosedurnya. Mengingat, masih banyak WNI yang overstay disana. Belum lagi kasus yang nyoret – nyoret batu di Gunung Fuji itu.
    Tapi ya, segini juga Alhamdulillah atuh ya.. Hehehe.. semoga bisa kesana juga deh, nengokin Bapaknya akachan :p
    Makasih infonya ^^

  3. mba aku rencananya awal februari bsok mau kejepang… saya mau tanya camera canon kuat ga ya buat musim dingin maksudnya ga eror kan kalo dibawa. kan percuma juga di bawa tapi ga bisa dipakai.. terimakasih ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s