YUI – FIGHT

Satu lagi tentang YUI yang mau saya share. Lagu ini rilis tahun 2012. Saya pertama kali lihat waktu di TV NHK Jepang, di acara anak-anak malah, Minna no Uta (Lagu untuk semua). Dan Nisa suka banget lagu ini (waktu itu).๐Ÿ˜€

Lagu ini dipilih di program Minna no Uta, mungkin karena saat itu momennya pas. Waktu itu lagi diadakan pesta olahraga Olimpiade di London, dan tentu saja Jepang ikut berpartisipasi mengirimkan atlit-atlit terbaik mereka.

Di tv-tv selalu ditayangkan tentang olimpiade, siang malam. Dan untuk mengobarkan semangat, lagu YUI ini pas banget. Judulnya Fight. Cocok untuk menyemangati para atlit, dan juga warga Jepang lain setelah tahun sebelumnya Jepang terkena musibah tsunami.

credit
credit

ๆใๅคขใŒใ™ในใฆๅถใ†ใ‚ใ‘ใชใฉใชใ„ใ‘ใฉ
Mimpi yang telah terukir, tak harus semuanya terwujud.
ใ‚ใชใŸใ ใฃใฆๅˆ†ใ‹ใฃใฆใ„ใ‚‹ใฏใšใ‚ˆ
Kamu sendiri pasti tahu.
ๅฃŠใ‚Œใใ†ใช็ฉบใ ใฃใฆใ‚ใŸใ—ใฏๅ—ใ‘ๅ…ฅใ‚Œใ‚‹ใ‹ใ‚‰
Bahkan aku bisa menerima sekalipun langit terasa runtuh.
ๅคงไธˆๅคซใ‚ˆๅ„ชใ—ใ„ๅ˜˜ๅคงไบบใซใชใ‚ŠใŸใ„
Tidak apa apa. Aku ingin menjadi dewasa.

้ ‘ๅผตใ‚Œ้ ‘ๅผตใ‚Œๅ‘ฝ็‡ƒใ‚„ใ—ใฆ
Ayo berjuang! Ayo berjuang! Bakar semangat!
็ถšใ็พๅฎŸ็”Ÿใใฆใ‚†ใ
Teruslah hidup.
้ ‘ๅผตใ‚Œ้ ‘ๅผตใ‚Œ
Ayo berjuang! Ayo berjuang!
้™ใ‚Šใ‚ใ‚‹ๆ—ฅใ€…ใซ่Šฑใ‚’ๅ’ฒใ‹ใ›ใ‚‹
Di sisa hari-hari yang terbatas ini, mari mekarkan bunga.

Kira-kira begitulah penggalan liriknya. Arti kata ้ ‘ๅผตใ‚‹ (ganbaru) memang sangat dalam. Kata ini jika diartikan dalam bahasa Indonesia mungkin bisa berarti semangat, berjuang, berusaha.

Pokoknya mengeluarkan seluruh kemampuan hingga batas terakhir yang kita bisa. Itu maknanya. Makanya pasca gempa tsunami melanda Jepang tahun 2011 lalu, di TV TV muncul iklan iklan penyemangat, ้ ‘ๅผตใ‚Œๆ—ฅๆœฌ๏ผ(ganbare, nippon!). Artinya Ayo berjuang, Jepang!

Dan mereka benar-benar berjuang. Pemerintah dan rakyatnya saling bahu membahu mengobati luka masing-masing, saling menyemangati.๐Ÿ™‚

Tak ada salahnya kan dengerin lagu ini. Sekadar untuk penyemangat pribadi.

Ini linknya:

http://www.downvids.net/yui-fight-original-ver-pv-242680.html#AddBlog

Dan yang versi NHK :

http://www.downvids.net/yui-fight-nhk-full-version-315068.html

 

๐Ÿ˜‰

 

6 thoughts on “YUI – FIGHT

      1. Maksud saya, saya jarang denger teman2 saya bilang Gambare. Padahal dulu sering๐Ÿ˜ฆ

        Wah saya pecinta TV. Saya suka lawak sih๐Ÿ˜€

    1. Ah, iya ya, saya baru tau nih. hihihi. *maklum mas ga punya tipi* barusan saya googling, tahun lalu ya bentuk band-nya? semoga gaya khasnya YUI ga berubah ya. ^_^

Leave a Reply

