Rinso Kids Today Project: Membangun Kota Ramah Anak

Seberapa sering anda melihat wajah ‘bermain’ anak anda?

Itulah sepenggal kalimat dari video Rinso Kids Today Project -Wajah Bermain-.

 

***

Apa yang kamu rasakan setelah melihat video di atas? Gembira? Senang? Bahagia?

Betul kan, melihat wajah ceria anak-anak memang membuat kita para orang dewasa juga ikut bahagia. Dan ternyata banyak sekali manfaat yang didapat anak-anak dengan bermain di luar. Di antaranya fisik lebih sehat, wawasan lebih luas, meningkatkan kreatifitas anak, sarana belajar berkomunikasi sesama teman, dan belajar mengelola beragam emosi.

Dan Rinso merespon hal ini dengan membangun branding ‘Berani Kotor Itu Baik’. Selama ini, yang dikhawatirkan para ibu jika anak-anak bermain di luar adalah baju kotor, sepatu penuh lumpur, kantung baju penuh pasir, dll. Tapi Rinso bilang kotor itu tidak selalu buruk. Bahkan, Berani Kotor Itu Baik, terutama saat Si Kecil menjelajahi lingkungan sekitarnya untuk bermain, mengeksplorasi, belajar, dan mendapatkan pengalaman terbaiknya.

Namun, ternyata itu kekhawatiran para ibu dulu. Kekhawatiran para ibu sekarang sudah beda lagi. Zaman telah berubah. Jika dulu hanya khawatir baju kotor, sekarang lebih dari itu. Seiring dengan pembangunan kota, anak-anak terancam kehilangan tempat bermain. Apalagi yang paling ditakutkan selain anak-anak tak punya tempat bermain lagi?๐Ÿ˜ฆ

Sebagian besar anak-anak hanya ingin tempat untuk bermain.

Exactly! Sesederhana itu permintaan anak-anak, tapi sesulit itu juga mewujudkanya.

Mari berkaca pada Jepang. *Yaelah, Jepang lagi Jepang lagi* Yah maklum, penulis tinggal di Jepang. Hehe. Tidak apa apa kan belajar dari contoh terbaik?

Kota-kota di Jepang sekarang bisa dibilang sebagian besar adalah kota ramah anak. Kenapa? Apa yang mendasari sebuah kota dikatakan sebagai kota ramah anak?

Menurut sebuah situs berbahasa Jepang, setidaknya ada 3 faktor yang diperlukan untuk membangun kota ramah anak:

1. ๅญไพ›ใŒๅ–œใถใ€้Šใณใ‹ใ‚‰ๅญฆในใ‚‹็’ฐๅขƒย  (Lingkungan dimana anak-anak senang dan bisa belajar dari bermain).

Ah, anak mana yang tak berbahagia bermain di tempat seperti ini?

2. ใ‚ฟใ‚ฆใƒณ่ฟ‘ใใซๆƒใฃใŸ็”Ÿๆดปๆ–ฝ่จญใ€€(Fasilitas penunjang kegiatan sosial yang dekat dengan kota).

Fasilitas yang dimaksud seperti sekolah, perpustakaan, citizen center, tempat penitipan anak (daycare) yang berafiliasi sebagai pendidikan anak usia dini, supermarket (pasar), dll.

Fasilitas-fasilitas tersebut diharapkan bisa menunjang proses belajar anak. Semua bisa dijangkau tanpa harus pergi jauh.

3. ๅฎ‰ๅฟƒใ‚’ๅ‚™ใˆใŸ็ซ‹ๅœฐใ€€๏ผใ‚‚ใ—ใ‚‚ไบ‹ๆ…‹ใ‚’้˜ฒใๅฎ‰ๅ…จใชใพใก๏ผ(Lokasi dilengkapi dengan keamanan -Kota yang aman dalam mencegah situasi yang tidak diinginkan (bencana)-).

Seperti yang kita tahu, Jepang adalah negara yang sering terkena bencana terutama gempa bumi. Makanya orang Jepang melalui pemerintah daerah masing-masing, membuat area dan tempat yang diperuntukkan untuk evakuasi.

Tempat dan bangunan ini haruslah tempat yang kuat (tahan gempa), dan cukup luas untuk menampung banyak orang.

Dan saya baru tahu, ternyata sekolah adalah tempat evakuasi terbaik yang diharapkan bisa dijangkau masyarakat sekitarnya. Itu sebabnya sekolah di Jepang umumnya mempunyai lapangan yang luas, dan bangunan yang besar dan kokoh, untuk melindungi anak-anak yang bernaung di dalamnya.

Berkaca dari itu semua, Rinso melalui Kids Today Project berusaha mengingatkan dan menyadarkan kita akan pentingnya tempat bermain untuk anak, terutama di daerah perkotaan.

Mari wujudkan kota ramah anak.๐Ÿ™‚

Apalagi kebahagiaan yang bisa didapat seorang ibu selain senyum yang tulus dari anak-anak?๐Ÿ™‚

 

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam kompetisi blog #KidsToday Rinso Kids Today Project 2014.

 

6 thoughts on “Rinso Kids Today Project: Membangun Kota Ramah Anak

  1. Bener banget. Kita malahan kayaknya urgent banget untuk menjadikan setiap kota menjadi ramah anak. Aduh… apalagi sekarang ya, kekerasan pada anak begitu menggila. Kota sangat tak aman untuk anak. Semoga secepatnya, setiap kota menjadi ramah anak….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s