Musim Semi = Musim Kafunsho?

Uuugghh. Enggak terasa bulan Maret udah hampir abis. Cepet banget rasanya hari berlalu ya. Meskipun awal bulan suhu sempat drop dan turun sedikit salju, tapi minggu ini suhu menghangat di Jepang Tengah. Selamat datang musim semi.πŸ™‚

Apa yang ditunggu-tunggu di bulan April? Tentu saja sakura! Beberapa udah ada yang mekar tuh, tapi pohon sakura sebelah apato masih kuncup. Kalau pohon ume malah udah berbunga sebulan yang lalu.

pinjem dari Bu Paras ^_^
Bunga Ume -foto pinjem dari Bu Paras –^_^

Tapi, bagi sebagian orang, awal musim semi adalah saat yang menyebalkan. Termasuk suami saya. Kenapa gitu? Karena musim semi berarti musim kafunsho.

Apa itu kafunsho? Ini bukan penyakit yang disebabkan virus. Bisa dibilang kafunsho adalah alergi serbuk bunga atau istilah Inggrisnya hay fever. Gejalanya mirip flu, bersin, hidung berair, dan mata perih. Suami saya termasuk yang kena alergi ini. Makanya dia suka uring-uringan kalau udah bulan Maret-April.

Photo-0112
tissu tissu bekas nyumpel hidung sampe berdarah. hauuuu….

Hidung gatalnya bukan main, katanya. Kalau tidur, enggak sengaja dikucek-kucek tu hidung sampai kadang berdarah.

 

Biang kerok alergi ini adalah pohon sugi. Serbuk sari yang terbang dari pohon inilah yang konon menjadi pemicu alergi. Dan pohon sugi ini banyaaaakk tersebar di seluruh Jepang. Kabar buruknya adalah kafunsho tidak bisa disembuhkan, kecuali mungkin jika pohon sugi dimusnahkan dari bumi Jepang. Hehe.

Tapi kafunsho bisa diredakan (apa ya bahasanya) dengan menghindari sebisa mungkin pemicunya. Misal pakai masker kalau keluar rumah, jemur baju di dalam rumah, dan selalu bersihkan rumah (sedot debu). Kalau enggak tahan, pergi ke klinik. Dokter akan memberikan semacam obat yang bisa mengurangi gejala ditambah obat tetes mata dan alat semprot hidung. *puk puk para penderita kafun*

Photo-0114Anyway, kemarin saya kedapatan surat cinta dari negara. Yeaay, surat suara saya sudah datang! Saya memang enggak berniat golput dan belum pernah golput sejak saya terdaftar jadi pemilih. Saya selalu senang berpartisipasi dalam pesta demokrasi. Walau ujung-ujungnya bingung mana yang harus dipilih. Hahaha.πŸ˜€ *daftar caleg mana daftar caleg*

Yosh! Karena ini adalah suara saya yang berharga, saya mau semedi dulu ah. *eh* Masih cukup waktu buat belajar, kepo-kepoin riwayat daftar caleg, sebelum tanggal 6 April batas akhir dikirim balik surat suaranya.

 

***

19 thoughts on “Musim Semi = Musim Kafunsho?

  1. Hayho Sakura!
    Ingin sekali lihat Sakura yang mekar.
    Musim semi itu musim favorit saya! Ga sabar nunggu September pas lihat si jacaranda berbunga diseluruh penjuru.
    Beda banget sama di Brisbane, dimari lagi fall mak. Ujan ga beres-beres dari Senin. Tapi dinikmati saja.πŸ™‚

      1. Thank you! Eh mak, bikin project yuk. Kumpulin beberapa cerita tentang besarin anak di luar tanah air. Ga perlu panjang2, cuma buat sharing aja sama yang lain 😁tertarik kah?

    1. Kalau dibilang berat ya berat pastinya Mas Anwar. Kerja di pabrik, di tempat yang asing, mungkin bahasa juga ga terlalu ngerti, jauh dari saudara, harus berhemat karena semua mua mahal, dll. Belum lagi harus adaptasi soal musim. Di sini ada 4 musim, kalau musim dingin bisa sampai minus suhunya, kalau musim panas bisa lebih panas dari Indonesia. Jadi ga heran kalau kenshusei2 yang akan dikirim ke Jepang ada pelatihan fisik juga.

  2. InsyaAllah suatu saat nanti bisa ke Jepang, hehe…
    Ganbatte kudasai \^_^/
    terimakasih atas info2nya, hehe (y)
    salam buat de nisaπŸ™‚

  3. wah gitu ya mbak , saya ada rencana mau ikut pelatihan kesana tapi mau tanya2 dulu ke mbak nya biar , biar bisa di perhitungkan lagi mau kesananya

    mbak nya udah berapa lama tinggal disana

    1. Maaf Mas, saya kurang paham kalau soal kenshuusei. tapi kalau suasana kerja di sini sih ya rata2 disiplin. Mungkin kalau mau training di sini kan dikasih pembekalan dulu di Indo.πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s