Menu GTM Nisa: Kyaraben (Chara Bento)

Kalau anak lagi GTM alias enggak mau makan, ibu-ibu biasanya ngakalinnya gimana? Gonta ganti menu, bikin cemilan ini itu, dsb. Ah, saya enggak punya waktu! *sok sibuk* :p

Selain itu, ada cara lain yang bisa bikin anak doyan makan. Dan ini sudah terbukti pada Nisa. Apa itu? Bikinin kyaraben (chara bento).

1459154_10201866816264613_1395624446_n

Kyaraben itu menghias bekal makanan. Bisa bikin karakter kesayangan, atau yang lucu-lucu. Contohnya buanyaaakk tersedia di google.

Nisa yang biasanya bentonya selalu bersisa tiap pulang sekolah, kalau dibikinin kyaraben pasti ludes. Padahal menunya mah itu itu aja.πŸ˜€

1463431_10201851031630007_55531621_n

Katanya enggak ada waktu, kok sempet hias hias bento segala. Ih, ini cepet kok. Simple aja, cuma yang agak ribet emang gunting-guntingin nori kecil kecil yang kadang bikin senewen.πŸ˜€

Enggak perlu punya alat alat bento juga ga papa. Manual aja, bentuk pake tangan. Walaupun hasilnya enggak jamin ya, tergantung tangan masing masing soalnya. Hihihi. Dan senjata pamungkas lainnya yaitu nori! Ituuuu rumput laut kering.

Enggak dibikin karakter juga ga papa, asalkan makanan disusun rapi dan berwarna-warni (maksutnya pilih menu masakan yang eye catchy. Seperti si oranye wortel dengan si hijau brokoli dan si kuning telur dadar gulung, kan udah ada 3 warna tuh dalam satu kotak bento. Jadi menarik kan?) Seperti ini contohnya:

pinjem dari sini
gambar pinjem dari sini

Oya, tipsnya untuk bikin kyaraben yang menarik adalah “jangan sisakan ruang kosong!”. Itu sebabnya kotak bento orang-orang Jepang itu kecil kecil, mungil mungil. Tapi isinya padet! Kalau masih ada tempat kosong, jejelin aja apaa gitu. Hahaha. Ini selain faktor estetika, juga supaya menjaga bentuk makanan supaya enggak rusak. *kecuali kalo kotak bentonya jatuh guling guling.*πŸ˜€

Saya mah belum ahli, jadi ya masih pletat pletot gitu deh bentonya. Haha. Dan menunya juga kurang banyak, jadi kurang variasi. Harus latihan lagi nih. *ubek ubek mbah google lagi*

 

***

9 thoughts on “Menu GTM Nisa: Kyaraben (Chara Bento)

  1. ahhh mama nisa itu cakep banget bento-nya.. saya pernah coba bikin tapi hasilnya kaya orang-orangan sawah… dan ama si kunyil dilempar2 aja tuh hiasan wortelnya.. gggrrrrrr

    1. hahaha. bikin kyaraben ini emang gampang gampang susah. tapi, kalo mau yg gampang, bikin bentuk kepalanya aja Mbak. Cari kepala yg gampang, kayak hello kitty itu contohnya. Atau cari karakter2 yg kepalanya gampang dibentuk lah.πŸ˜€

    1. Eh, dikunjungi Mbak Wiena. Saya suka intip blognya, liat permainan2 stimulasi buat anak. Udah beberapa yang kupraktekkan ke Nisa. tfs ya Mbak. Eh, malah komen OOT. hehe. Salam buat Mikha n Deo . ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s