#Seri Pengetahuan Terkini: Cuti Melahirkan di Jepang (育児休暇 -ikuji kyuuka)

Info ini diambil dari buku Seri Pengetahuan Detective Conan: Kodomo Jiji Waado (word). Isinya merupakan kumpulan artikel dari Yomiuri Kodomo Shinbun (Koran Anak-anak Yomiuri).

***

Cuti melahirkan atau di Jepang disebut dengan 育児休暇 -ikuji kyuuka- adalah hari libur bagi ayah atau ibu bekerja untuk mengurus bayi yang baru lahir. Banyak wanita Jepang yang memutuskan berhenti dari pekerjaannya untuk melahirkan, dan ini menjadi masalah di Jepang. Maka sejak tahun 1991 dibentuk lah peraturan baru tentang cuti melahirkan.

Orangtua boleh mengajukan cuti (libur) dari kantor tanpa harus berhenti dari pekerjaan tersebut sampai si anak berusia 1 tahun. Selama cuti, sebagai ganti dari gaji, mereka tetap mendapat tunjangan dari Pemerintah sebesar setengah dari gaji mereka.

Saat peraturan ini diberlakukan, hanya sebagian saja wanita yang memanfaatkannya. Namun, saat ini tercatat lebih dari 80% wanita Jepang yang mengambil cuti tersebut (data tahun 2012).

080212_box2_g5
credit

***

Wow, menarik! Satu tahun bo! Etapi, dapet tambahan info lagi dari wikipedia, tentunya yang berhak mengambil cuti panjang ini adalah yang sudah memenuhi syarat.

Apa aja syaratnya? Yang tertulis disana sih, ia yang sudah bekerja lebih dari satu tahun di tempat yang sama. Kemudian, pastikan jika ia mengambil cuti satu tahun, setelahnya ia masih akan bekerja di tempat tersebut, dalam arti tidak terikat kontrak kerja. Laki-laki atau perempuan boleh mengajukan cuti ini.🙂

Dan tambahan lagi, cuti satu tahun ini tidak termasuk libur 8 minggu setelah melahirkan. Artinya, setelah melahirkan si ibu otomatis dapet libur 8 minggu. Setelahnya bisa mengajukan cuti panjang selama satu tahun ini. Jadi totalnya 1 tahun 8 minggu. Wuaah, asiiik!😀

Ada lagiiii!! Khusus untuk pegawai negeri di Jepang, cutinya bisa sampai si anak usia 3 tahun! Hah? Keren enggak tuh?O_o

Abis baca ini, emak-emak langsung pindah kerja di Jepang nih. Hahaha. Yah, dimaklumi sih, tugas ibu baru itu enggak mudah. Apalagi di Jepang yang semuanya dikerjakan sendiri, enggak pake asisten. Jadi, daripada Jepang kehilangan tenaga kerja potensial dari para wanitanya, mending diberikan cuti yang agak panjang sampai anak dinilai sudah bisa ditinggal atau diserahkan ke pihak lain (maksudnya hoikuen -daycare-) sementara ibu bisa kembali bekerja.

Yah, enggak usah iri kali ya sama Jepang. Di Indonesia cuti melahirkan rata-rata cuma 3 bulan ya? Saya coba berpikir rasional, di Jepang, angka kelahiran kecil. Jadi, perusahaan mungkin tidak sampai merugi jika membolehkan karyawan wanitanya cuti sampai satu tahun setelah melahirkan. Ia bisa mencari karyawan sementara untuk menggantikan posisi si ibu selama cuti. Dalam satu tahun mungkin sedikit sekali ada karyawannya yang melahirkan.

Kalau di Indonesia? Angka kelahiran tinggi bangeet. Bahkan mungkin ada seorang wanita yang setiap tahun melahirkan. Lah, kalau dalam perusahaan tersebut ada banyak karyawan wanitanya melahirkan, dan semuanya minta cuti satu tahun, kemudian belum sampai satu tahun sudah hamil lagi, bagaimanaaaa ituuuu yaaa? Hahahaha. Perusahaan bisa sepi, enggak ada karyawan yang masuk, bangkrut deh.😆 Haduh.

Ya, disyukuri saja dimana pun tinggal. Bagi wanita, bekerja itu pilihan kan? Jadi, ya jalani pilihan tersebut berikut konsekuensinya. Semangaaaat para emak Indonesia!😀

***

12 thoughts on “#Seri Pengetahuan Terkini: Cuti Melahirkan di Jepang (育児休暇 -ikuji kyuuka)

  1. iya enak bgt ya cutinya panjang, sukses deh ASI ekslusifnya kalau sepanjang itu…disini memang hanya 3 bulan saja, dan tentunya ibu2 bekerja sudah siap mensiasatinya ya..

  2. Di Jepang asyik juga ya, pekerja laki-lakinya (si ayah) juga berhak dapat ikuji kyuuka. Mungkin karena aura kompetitif yang cukup tinggi di lingkungan kantornya, sehingga hanya sedikit yang memanfaatkan.

  3. waaa… enak banget cutinya bisa lama.. kayak di mana tuh, norwegia apa finland ya, ibu melahirkan juga dikasih cuti lama banget.. sedangkan di indonesia mau minta cutinya 3 bulan setelah melahirkan aja mesti berantem dulu ama SDM, karena maunya mereka 1 bulan sebelum melahirkan, dan 2 bulan sesudah melahirkan -__-‘ sedangkan bapaknya dikasih 3 hari aja untuk cuti melahirkan….

  4. mommy nisa..msh d jepang kah..qt br berencana ikutan k jepang..stelah lahiran putri k2 dlu d indo..br nyusul sang ayah dsana..mw sharing info2 donk mom..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s