Selamat Tahun Baru 2014

Hai! Hai! Selamat Tahun Baru 2014. Tahun baru di Jepang saya lewati dengan khidmat alias bobo cantik. Hihihi. Masyarakat sini enggak ada kebiasaan merayakan tahun baru dengan tumpah ruah di jalan dan tiup terompet. *bisa ditangkep polisi karena bikin keributan*😀. Mereka biasanya pergi ke kuil untuk berdoa. Itu pun enggak semua dilakukan pas tengah malam, bisa juga pagi harinya saat hari sudah terang.🙂

Ini postingan pertama di tahun baru. Akhir-akhir ini saya selalu nulis tentang Jepang terus kayaknya, apa kabarnya Nisa chan, ya?

1535717_10202116522347109_2053244327_n

Bulan ini Nisa chan sudah 2 tahun 5 bulan. Sejak masuk hoikuen, jadi tergila-gila sama Anpanman. Masih nge-fans sama nenen kalo mau bobo malem. Dan alhamdulillah sudah makin banyak ngomongnya. Walaupun belum lancar, tapi saya hargai usaha Nisa yang mencoba berkomunikasi dengan saya.

Bahasanya campur-campur Indonesia-Jepang. Hehe. Dan masih belum kelihatan mana yang dominan, sepertinya sih bahasa Jepangnya yang dominan, tapi kadang Nisa juga ngomong pake bahasa Indonesia. Yang ajaib adalah ngomong kosakata Jepang tapi diartiin sendiri menurut kamus Nisa. Hehe. ^_^

#ITAI : Sakit / Aduh!

1. Nisa lari-lari dalam rumah dan GUBRAK! *jatuh*

Nisa     : Itai… itai… (sambil meringis menghampiri mama)

Mama : Mana yang itai? Itai itai tonde ike! (sakit sakit, pergi jauh!*mantra jepang* :p)

Nisa    : Itai…

*Makna ‘itai’ masih benar.🙂

2. Nisa garuk garuk tangan menghampiri mama.

Nisa     : Itai… itai… (garuk garuk)

Mama : Itai? Ini bukan itai, tapi gatal. Kayui. (bahasa Jepang)

Nisa    : Itai… itai…

*Makna ‘itai’ mulai rancu. :p

3. Nisa lagi main-main.

Mama : Nisa, beresin mainannya yuk. Katadzukete!

Nisa     : Itai! Itai!! (sambil kekep mainannya)

Mama : *bengong*

*Makna ‘itai’ mulai ngaco. Dilihat dari bahasa tubuhnya sih artinya enggak mau. :p

4. Mama lagi duduk sambil main laptop.

Nisa     : Itai! (tiba-tiba Nisa datang)

Mama : Kenapa, Nisa?

Nisa     : Itai! Itai!! (sambil dorong-dorong mama)

Mama : Apanya yang itai? (mama beranjak dari duduk)

Nisa     : Dudu’ <duduk> (Nisa duduk di kursi mama)

Mama : ??? (oalaaah, maksudnya awas, minggir, Nisa mau duduk. Errr……)

*Makna ‘itai’ udah ngaco banget! >_<

#DAME : Jangan / Tidak boleh

Nisa     : Bame!

Mama : Bukan bame, Nisa. Tapi dame.

Nisa    : Bame!!

Mama : Da…!

Nisa     : Da…

Mama : Me…!

Nisa     : Me…

Mama : Dame!

Nisa    : Bame!!

Mama : -__-;; *whatever lah*

#SUGOI : Keren &  #Erai : Hebat

Nisa habis mandi mau pakai baju.

Mama : Yuk, Nisa pake baju, cepet. Samui. (dingin)

Nisa    : a’ui…  <samui>

Mama : Iya, pake popok dulu sini. (sambil nyodorin popok)

Nisa    : Bame!  <dame> (ngerebut popok dari mama)

Mama : Mau pake sendiri? Hai, douzo.

Nisa    : *berusaha pake popok sendiri.*

Setelah berhasil pake popok,

Nisa    : Ugooiii! <sugoi> Enai ne! <erai ne>

Mama : ^_^

*Sebelum mama memuji, Nisa udah memuji diri sendiri karena berhasil pake popok. Hihihi.😀

Fiuh, panjang kalo nulisin semua celotehan Nisa. Sebagai penutup, saya sisipkan video Nisa, ya. Ini video udah beberapa bulan lalu sih. Video terakhir Nisa belum saya unggah ke yutub. Mama mualeess. Hehehe.

Yak, fans-nya Nisa (Plak! Emang ada?? :p), selamat menikmati.

Akemashite Omedetou Gozaimasu. Kotoshi mo yoroshiku onegaishimasu.🙂

 

***

11 thoughts on “Selamat Tahun Baru 2014

  1. so cuteeee…lagi seneng ngomong itai ya maaak :D…btw, masih berbahasa Indonesia juga di rumah mak? ada masa di mana Bo et Obi sempet bingung dengan banyaknya bahasa yang dipakai di rumah..tapi in the end, mereka bisa cepeeet banget belajar bahasa asingnya, lebih cepet dari kita…:D..happy new year yaaa…

    1. Iya, di rumah pake bahasa Indonesia, tapi kadang saya ajarin juga kosakata Jepang, kayak nama hewan, dll. klo di sekolahnya full jepang.🙂
      happy new year Mak Indah, salam kecup buat Bo et Obi.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s