Fiksi Mini: Nasi Goreng Papa

“Aku mau makan nasi goreng Papa,” kataku tiba-tiba.

Papa menoleh sambil menurunkan kacamatanya. Menatapku heran.

***

Lima belas tahun yang lalu. Seperti biasa pulang sekolah aku selalu mendapati sosok papa di dapur. Memasak makan malam.

“Ah, sudah pulang? Makan malam kita hari ini nasi goreng!” seru papa sambil tersenyum.

Aku diam saja. Sudah kuduga.

Kami duduk berhadapan di meja makan. Sepiring nasi goreng sudah terhidang di atas meja.

“Gimana? Enak? Enak?” tanya papa antusias saat aku mulai makan. Aku menatap papa sambil mengunyah nasi gorengku. Tanpa ada jawaban yang keluar dari mulutku.

Papa hanya tersenyum dan meneruskan makan.

Bertahun-tahun berlalu. Hanya ada aku dan papa. Nasi goreng papa tetap jadi andalan menu makan malam. Seperti hari itu, saat aku pulang larut karena ada kegiatan di kampus.

“Ah, sudah pulang? Makan malam hari ini….”

“Aku sudah makan di kampus!” jawabku sambil berlalu meninggalkan papa di dapur. Aku tidak tahu apa perasaan papa ketika menyantap makan malamnya sendirian. Termasuk memakan bagianku juga.

Dan sejak itu aku tak pernah lagi merasakan nasi goreng buatan papa.

***

“Aku mau makan nasi goreng Papa!” Tiba-tiba saja hari ini aku ingin sekali menyantap nasi goreng itu lagi. Sudah lama sekali aku tidak merasakannya.

Papa menoleh sambil menurunkan kacamatanya. Menatapku heran.

Walaupun begitu, ia tetap menuju dapur. Tangannya dengan lihai memotong-motong sayur dan menggoyang-goyangkan wajan bak koki profesional.

“Gimana? Enak? Enak?” Pertanyaan serupa tiap kali ia melihatku menyantap nasi goreng buatannya.

Tiba-tiba ada rasa haru di dada. Papa tidak berubah. Rasa nasi gorengnya pun tetap sama.

“Enak…”

Akhirnya aku berhasil mengatakannya. Kata yang selalu ingin aku ucapkan bertahun-tahun lalu.

 

27bbc3ab
credit

 

***

Jumlah kata: 262

6 thoughts on “Fiksi Mini: Nasi Goreng Papa

Leave a Reply

