Kerja di Jepang, enak gaji besar?

“Kerja di Jepang enak, ya, pasti gajinya besar, ya?”.

“Enak ya, enggak susah hidupnya, kan suami gajinya besar. “

“Cariin kerja di sana, dong!”.

Errr, omongan-omongan seperti ini sering banget hinggap di telinga saya. Suami saya memang kerja di salah satu perusahaan Jepang. Kalau kamu tanya saya, gaji orang yang kerja di Jepang itu besar atau tidak, kalau pakai ukuran Indonesia saya akan jawab, memang besar. Tapi kalau bicara tentang standar Jepang, biasa saja, karena biaya hidup di sini juga terbilang cukup tinggi.

Jika saya balik bertanya, memang berapa sih menurutmu “besarnya” itu? Ada salah satu teman saya bilang, 50 juta rupiah per bulan! Doeeng! Wow, saya sendiri kaget dengan nominal segitu. Hmm… sambil mengurut dada, saya coba jelaskan ya.🙂

pekerja
credit

Perlu kamu tahu, gaji karyawan (tetap) di Jepang berkisar antara 200-250 ribu yen per bulan. Kalau di-rupiahkan sekitar 20-25 juta. Ada juga yang katanya sampai 300-400 ribu yen (30-40 juta rupiah), tergantung perusahaannya sih. Kalau ia bekerja di perusahaan besar dan punya jabatan, pasti gajinya juga lebih gede dong.

“Tapi, gaji 20 juta per bulan kan besar juga.”. Ya memang, kalau uang itu dibawa ke Indonesia dan dihabiskan di sana memang besar. Tapi jika dibelanjakan di Jepang, jatuhnya biasa saja.

Mari saya kasih gambaran kasarnya. Misal (misalnya loh ya) gaji 20 juta, itu masih kena potongan loh (pajak, asuransi, pensiun, dll). Taruhlah bersihnya ia pulang membawa 16 juta setelah dipotong ini itu (wow, potongannya gede juga ya? hihi). Trus bayar apato (kontrakan) rata-rata 4 juta-an, listrik, air, gas, telpon, internet (kira-kira 1,5-2 juta). Sisa 10 juta-an. Uang makan? Lima juta sebulan mungkin udah sangat mepet untuk ukuran 2 orang dewasa dan 1 balita, dengan catatan enggak sering jajan di luar. Semua harus super iriiiit. Masih sisa 5 juta untuk nabung dan jaga-jaga di rekening demi kelangsungan masa depan.

Tapi istri bisa membantu bekerja kok. FYI, visa dependent (keluarga) dan pelajar, bisa apply kerja di Jepang. Dengan catatan statusnya pekerja part-time. Jam kerjanya dibatasi satu hari 4 jam. Ini aturan imigrasi Jepang. Kalau bandel, nekad kerja melebihi jam tersebut, ya resiko ditanggung sendiri. Kalau sewaktu-waktu ketahuan pihak imigrasi, bisa kena masalah, bahkan deportasi. Enggak mau kan kerja tapi perasaan enggak tenang?

Kerja part-time (baito) biasanya digaji per jam, besarnya tergantung pekerjaannya. Biasanya sih sekitar 700-1000 yen per jam (70-100 ribu rupiah). Satu bulan bisa ngantongin 50-70 ribu yen (5-7 juta rupiah).

Lumayan… eit, jangan buru-buru dihambur-hamburkan. Kalau suami istri kerja, otomatis anak harus masuk tempat penitipan (daycare). Kalau bisa sih masuk daycare milik pemerintah supaya biaya lebih murah. Tapi, jika terpaksa harus masuk daycare swasta, perkiraan biaya sekitar 40-50 ribu yen (4-5 juta rupiah). Huaaa..a.. sama aja dong. Gaji ibu habis ke situ semua. T.T

See? Masih berpikir gaji kerja di Jepang besar? Kalau mau lebih jelas lagi, silakan cek di sini. PPI Chiba blak-blakan bicara soal biaya hidup di Jepang. Bisa juga baca di sana dan di sini.

Kalau menuruti nafsu, gaji berapa pun enggak akan pernah cukup. Pasti kurang terus. Tapi kalau kita bersifat qana’ah alias merasa cukup dan bersyukur atas rejeki yang diterima, in sha Allah akan dicukupkan. Aamiin.🙂

Begitulah, sedikit gambaran tentang bekerja dan biaya hidup di Jepang. Setelah baca ini, jangan jadi ciut ya. Saya kasih bocoran deh, kalau kamu kerja di Jepang dengan status karyawan tetap (seishain), kamu akan dapat bonus dua kali setahun. Biasanya sih bulan Juli dan Desember. Jumlahnya ini yang lumayan besar. Tergantung perusahaan sih, biasanya sekitar 300ribu yen (30 juta rupiah). Kurang lebih ya. Kalau satu tahun berarti dapat 60 juta. Lebih dari cukup kan kalau buat nabung untuk bangun istana di Indonesia nanti. Hehehe, aamiin.

So, udah enggak penasaran lagi kan?

***

Disclaimer: MOHON MAAF pada para pembaca postingan ini. Saya BUKAN penyalur tenaga kerja, dan saya tidak punya informasi tentang lowongan kerja apapun di Jepang. Jadi, mohon maaf pertanyaan (baik lewat komen atau message pribadi) tentang lowongan tidak akan saya balas lagi. Mohon pengertiannya.🙂

Dan mohon diketahui, kalau ingin kerja di luar negeri terutama di Jepang, sebelum anda bertanya tentang biaya visa dan paspor, lebih dulu TENTUKAN PEKERJAAN anda! Anda mau kerja di mana? Perusahaan apa? Kalau sudah dapat pekerjaannya, sudah ada kepastian diterima, pihak perusahaan PASTI akan mengurus visa kerja anda. Karena pihak perusahaan adalah sebagai penjamin hidup anda selama di Jepang. Mengenai biaya pengurusan visa, maaf saya TIDAK TAHU. Sampai di sini paham ya? Informasi kerja di Jepang silakan cari sendiri di lembaga2 kerja ke Jepang atau melalui Depnaker atau lowongan tenaga profesional dari internet, dll.

 

Sekian dan terima transferan.😀

PS: Saya nemu web bagus tentang Work in Japan. Berisi lowongan pekerjaan di Jepang. Cermati requirements-nya. Terutama apakah yang di luar Jepang bisa ikut melamar. Ini link nya: jobs.gaijinpot.com. Good luck!😉

Baca juga: Mencari Baito (Part-Time) di Jepang

320 thoughts on “Kerja di Jepang, enak gaji besar?

  1. Mbak, mau nanya gaji 20-25 jt itu kerja apa? Dan lulusan pendidikan apa?

    Saya baca di internet, magang di jepang tahun pertama gaji 8jt / bulan, th ke2 9jt/bulan dan th ke3 10jt/ bulan, apa ini mah untuk lulusan sma ?

    1. kalau magang / kenshuusei memang beda. statusnya yg beda. gaji 20~25 itu standar seishain (karyawan tetap). lulusan universitas kalau statusnya magang ya gajinya mengikuti status dia sebagai karyawan magang. Tapi semuanya sudah diperhitungkan sesuai kebutuhan hidup di sini. mungkin mereka ga perlu bayar biaya sewa apartemen karena sudah ditanggung, dll.

      1. Assalamu’alaikum mama Nisa saya tamatan sma,saat ini saya sudah menikah Dan sedang bekerja diperusahaan swasta Di kendari Sulawesi tenggara,indonesia.pengen kerja dijepang, apakah bisa diterima?mohon penjelasannya Trima kasih

  2. Ada saudara MW brngkt jepang sbgai tukang kebun dnger2 gajinya 800-1jta/hari,status pake visa turis,yg aku tanyakan gji sgtu gde bngt,1 bln dpt 30jtaan,trus buat mkn sma homeya brpa???bersihya brpa

    1. wah, saya ga menyarankan ini ya, karena status visa turis, kalau ia bekerja maka akan jadi pekerja ilegal. walau gaji besar, tapi ga berkah. lebih baik jangan. kalau ada apa2 kasian keluarga.

  3. Assalaamu’alaikum Mama Nisa🙂 aku mau tanya tentang penggunaan bahasa, ceritakan dong gimana waktu mama nisa dan suami pertama kali tinggal disana. Pengalaman mengenai kesulitan berbahasanya yaa, kalo bisa sedetilnya aku seneng bgt, mksh u/ infonya🙂

  4. assalamualaikum mama nisa
    saya kan berencana mau magang di jepang mau tanya ni kalo saya mau nabung untuk di bawa pulang ke indonesia itu gimana ya??
    apa ada bank khususnya yg melayani tabungan tuk para pemagang ntar kalo selesai di tukar ke uang indo atau lewat transfer ke indo atau ki tabung manual pulangnya bawa uang cash gitu hehehe atau gimana ma
    mohon penjelasannya

    1. wa’alaikum salam. wah, saya ga tau prosedur pemagang gimana ya, apa gaji dikasih cash tiap bulan atau transfer via bank. tapi kalau mau nabung sendiri, bisa aja. caranya juga terserah masing2. fyi, di jepang ada layanan transfer uang ke rekening indonesia. namanya kyodai remittance (yg saya tau). jadi misal tiap bulan terima gaji, trus nabung langsung transfer ke rekening indonesia. saran saya, sebelum berangkat ke jepang, buat internet banking dulu dari bank di indonesia, biar gampang ngecek nya.🙂

      1. makasih atas jawaban, info dan sarannya mama nisa sangat bermanfaat
        di tunggu kisah-kisah berikutnya

        sukses selalu
        wassalam

      2. Assalamualaikum wr.wb
        Mbak mau nnya, klo lulusan sma kerja di jepang kira2 dapet kerjaan apa, gajinya kira2 berapa yen? 1yen = berapa rupiah mbak?

  5. Assalamualaikum wr.wb
    Mbak klo lulusan sma kerja di jepang kira2 dapet kerjaan apa, gajinya kira2 berapa yen? 1yen = berapa rupiah mbak?

  6. Mbak saya mw tanya2..
    Saat ini saya seorang jisshuusei di salah satu perusahaan yg ada di jepang.
    Saya menandatangani kontrak kerja selama 3 tahun, saat ini tahun ke-2.
    Dari perusahaan tempat saya bekerja saya dapat memperpanjang status kontrak 2 tahun setelah kontrak pertama 3 tahun saya selesai, dengan catatan setelah kontrak pertama (3 tahun) selesai, saya diijinkan pulang ke indonesia selama sebulan dengan tanggungan biaya bulak balik jepang dibiayai oleh perusahaan.
    Saya berencana menikah setelah saya pulang nanti.

    Pertanyaan saya.
    1. Jika saat saya kembali ke jepang membawa istri saya nanti, berapa perkiraan biaya dari pengurusan surat-surat sampai tiba di jepang?
    2. Visa apa yang dipakai istri saya?

    1. setahu saya kalau jisshuusei ga boleh bawa istri (keluarga) mas. tapi coba ditanya perusahaannya, siapa tau beda peraturan. jadi sebelum memikirkan hal yg lain2 seperti biaya dan lain sebagainya, coba tanya dulu, boleh ga bawa istri ke Jepang?

    2. Assalam’alaikum. Mas ridwan,semoga sukses ya?mas, saya tamatan sma sudah menikah,saat ini saya sedang bekerja di perusahaan swasta Di kendari,sulawesi tenggara, Indonesia. Pengen Cari kerja dijepang juga.apakah Ada jalan untuk saya bisa kerja dijepang mhon penjelasannya.

  7. assalamualaikim mbak saya mau sedikt ngasih informasi kalo gak semua postingan mbak itu benar soal gaji sepupu saya ada yang kerja di jepang sebagi perawat di gaji 35jt itu sudah free akomodasi dan tempat tinggal,makan dll jadi bersihnya 35jt/bulan tapi kalo profesi lain saya gak begitu tau trima kasih barang kali saya salah tapi memang itu kenyataannya sepupu saya. dan saya bukan penyalur tenaga kerja ke luar negri

  8. Mba,nisa kalo kita blm nikah trus disalurkan kerja dari indo ke jepang dan apabila kita sudah kerja disana,pertanyaaan saya apa bisa sambil kuliah apalah teknik atau farmasi atau yg lain,atau karyawan?

  9. Assalamualaikum‥‥
    Saya ingin tanya mbak‥‥.
    Standar upah pekerja yang di tetapkan pemerintah jepang berapa ¥/jam nya,atau berapa ¥/bln nya‥‥

    Mohon info nya‥‥
    Arigatou‥‥

  10. Askum….Mba rencananya saya Mau kerja di jepang masuk penyalur TKI swasta yg ada di bandung,saya lulusan s1,tapi mau masukin ijazah SMA…apa gk ngaruh ya ijazah Indo disana?

    1. Deni hati² lewat swasta, klo magang ga peduli kmu S1 ato SMA yg pnting bisa bahasa nihon minimal N5 ama punya keahlian misal ngelas(pekerja kasar),,klo ingin kerja di kantor harus lulusan universitas japan sob …

    2. Assalamualaikum, perkenalkan nama saya santana, mau berbagi info aja nih untuk perihal kerja di jepang, saya sarjana hubungan internasional dari salah satu univ negeri di bandung,
      kalo saya sarankan jika lulusan s1 jangan mengikuti program magang2, yg 3 taun dengan gajih 100-150rb yen perbulan.
      khususnya untuk sarjana s1 atau mahasiswa jika ingin magang di jepang lebih baik mengikuti program AISEC saja yang sudah jelas dan terjamin.
      menurut saya jika ingin magang tersebut untuk pengalaman minimal boleh sih di coba program yang di selengarakan oleh kementerian ketenagakerjaan setidaknya aman dan insyallah terjamin dan di lindungi oleh pemerintah, cuman ya harus siap aja kerjanya cape dan rodi dengan gajih yang pas-pasan.
      saya jg memiliki teman kebetulan dia lulusan sma dan taun lalu magang melalui program swasta, dan bekerja sebegai nouka (農家)petani, di nagano jepang, cuman ironinya, dia bekerja di bayar perjam, serta kerja sekitar 18 jam, setiap hari bekerja jam 2 subuh hingga jam 5 sore. ya meski dia di kasih tempat tinggal dan kadang makan pagi dan malam gratis. menurut saya ini terlalu resiko, padahal jika sesuai aturan dia harusnya dibayar lebih mahal. meski emang pulang ke indonesia bisa bawa 100jtan. tapi saya sarankan sih jangan lewat jalur seperti ini.
      Saya sarankan untuk lulusan S1 mending ikut recruiting forum oleh HR agent yang ternama saja, seperti NIKKEI HR, RGF, FOURT VALLEY INTERNATIONAL.
      Kebetulan saya mengikuti recruiting forum yang di selengarakan oleh HR agent Jepang beberapa kali, salah satunya agustus lalu saya mengikuti Nikkei Asian recruiting forum in tokyo selama 1minggu (ini program sudah yang ke-5 taun ini, dan setiap taunnya ada sosialisasi ke universitas-universitas ternama di indonesia dan bekerjasama dengan universitas tersebut), saya mengikuti program ini dan memang service dari HR agentnya memuaskan, biaya PP pesawat Economy Class JAL, hotel di tokyo selama 7 hari, dan sarapan, makan malam gratis, uang saku 7000yen untuk makan siang.
      Untuk mengikuti acara ini ada beberapa tahap seleksi, salah satunya seleksi dokumen, seleksi interview via skype, setelah lolos akan ada sesi konsul dengan mentor orang jepang via skype selama sebulan, sebelum berangkat selama 7hari ke jepang, pihak HR agent akan menentukan bahwa kita di hari H di interview oleh perusahaan apa, waktu itu saya di interview oleh 5 perusahaan. peserta perusahaan di acara ini perusahaan yang ga main main, perusahaan besar semua, seperti YAMAHA, MAZDA, JFE, FAMILY MART, NGK SPARK PLUG, KUBOTA, ABEAM CONSULTING, YKK. dll sekitar lebih dari 15 perusahaan mengikuti acara ini.
      Jka lolos seleksi di interview oleh perusahaan kita akan bekerja di jepang dengan status pegawai tetap 正社員, dengan hak dan kewajiban semua sama rata seperti lulusan s1 orang Jepang. beberapa teman saya yang kemaren mengikuti acara ini diterimadi perusahaan seperti YKK, YAMAHA,MISUMI, dengan gajih rata-rata 210rb yen atau sekitar 23jt rupiah perbulan, serta di beri asarama, biaya transport, asuransi kesehatan, dll.
      coba mangga di chek acara ini setiap taunnya diselengarakan bulan agustus (https://nikkeiasianrecruitingforum.snar.jp/)
      serta september lalu saya mengikuti recruiting forum (Top Careers Asia Pasific in Singapore) selama 3hari. acara ini hampir sama dengan yang di selengarakan oleh NIKKEI HR, namun yang beda cuman venue dan penyelengaranya aja. Top Careers Asia Pasific in Singapore ini di selengarakan oleh FOUR VALEY INTERNATIONAL dan acara ini sudah di lakukan yang ke 4 kali. sistem seleksinya hampir sama ada seleksi dokumen, interview via skype, dan entar di kasih undangan untuk mengikuti recruiting forum di singapore. servicenya berbeda dikit dengan nikkei, Top career ini hanya menyediakan uang saku sebesar 250$ SGD, untuk transport dan akomodasi. selebihnya sama seperti acara nikkei, saya disini di interview oleh 3 perusahaan. (http://www.topcareer.jp/inter/fair/tcap2016/)
      yang saya ingin sarankan adalah jangan mengambil resiko hanya karena ingin kerja di jepang. klo memang ingin kerja di jepang lebih baik mengikuti program-program recruiting yang jelas. apalagi yang memiliki gelar s1. yang pastinya harus punya modal bahasa jepang yang tinggi, klo bisa minimal memiliki sertifikat JLPT N2 atau kemampuan yang setera dengan level itu, ya minimal bisa memahami percakapan, dan membaca tulisan kanji. kenapa demikian, agar kita bisa paham mau perusahaan apa dan kita bisa bertanya saat interview hak dan kewajiban kita apa. tentunya dengan memahami bahasa jepang, kita bisa membaca offering letter dengan detail dan memahami hukum/ undang-undang ketenaga kerjaan negara jepang. pada dasarnya undang-undang tersebut sangat tertib dan detail ko, contohnya kalo kita lembur kita akan mendapatkan kenaikan gajih sekitar 25-35% perjamnya. atau kerja maksimal 8 jam perhari. dll.
      sekedar saran aja sih, supaya kita bisa lebih aman tentram dan sesuai kewajiban dan haknya bisa di bayar kerja secara manusiawi.

  11. Assalamualaikum, perkenalkan nama saya santana, mau berbagi info aja nih untuk perihal kerja di jepang, saya sarjana hubungan internasional dari salah satu univ negeri di bandung,
    kalo saya sarankan jika lulusan s1 jangan mengikuti program magang2, yg 3 taun dengan gajih 100-150rb yen perbulan.
    khususnya untuk sarjana s1 atau mahasiswa jika ingin magang di jepang lebih baik mengikuti program AISEC saja yang sudah jelas dan terjamin.
    menurut saya jika ingin magang tersebut untuk pengalaman minimal boleh sih di coba program yang di selengarakan oleh kementerian ketenagakerjaan setidaknya aman dan insyallah terjamin dan di lindungi oleh pemerintah, cuman ya harus siap aja kerjanya cape dan rodi dengan gajih yang pas-pasan.
    saya jg memiliki teman kebetulan dia lulusan sma dan taun lalu magang melalui program swasta, dan bekerja sebegai nouka (農家)petani, di nagano jepang, cuman ironinya, dia bekerja di bayar perjam, serta kerja sekitar 18 jam, setiap hari bekerja jam 2 subuh hingga jam 5 sore. ya meski dia di kasih tempat tinggal dan kadang makan pagi dan malam gratis. menurut saya ini terlalu resiko, padahal jika sesuai aturan dia harusnya dibayar lebih mahal. meski emang pulang ke indonesia bisa bawa 100jtan. tapi saya sarankan sih jangan lewat jalur seperti ini.
    Saya sarankan untuk lulusan S1 mending ikut recruiting forum oleh HR agent yang ternama saja, seperti NIKKEI HR, RGF, FOURT VALLEY INTERNATIONAL.
    Kebetulan saya mengikuti recruiting forum yang di selengarakan oleh HR agent Jepang beberapa kali, salah satunya agustus lalu saya mengikuti Nikkei Asian recruiting forum in tokyo selama 1minggu (ini program sudah yang ke-5 taun ini, dan setiap taunnya ada sosialisasi ke universitas-universitas ternama di indonesia dan bekerjasama dengan universitas tersebut), saya mengikuti program ini dan memang service dari HR agentnya memuaskan, biaya PP pesawat Economy Class JAL, hotel di tokyo selama 7 hari, dan sarapan, makan malam gratis, uang saku 7000yen untuk makan siang.
    Untuk mengikuti acara ini ada beberapa tahap seleksi, salah satunya seleksi dokumen, seleksi interview via skype, setelah lolos akan ada sesi konsul dengan mentor orang jepang via skype selama sebulan, sebelum berangkat selama 7hari ke jepang, pihak HR agent akan menentukan bahwa kita di hari H di interview oleh perusahaan apa, waktu itu saya di interview oleh 5 perusahaan. peserta perusahaan di acara ini perusahaan yang ga main main, perusahaan besar semua, seperti YAMAHA, MAZDA, JFE, FAMILY MART, NGK SPARK PLUG, KUBOTA, ABEAM CONSULTING, YKK. dll sekitar lebih dari 15 perusahaan mengikuti acara ini.
    Jka lolos seleksi di interview oleh perusahaan kita akan bekerja di jepang dengan status pegawai tetap 正社員, dengan hak dan kewajiban semua sama rata seperti lulusan s1 orang Jepang. beberapa teman saya yang kemaren mengikuti acara ini diterimadi perusahaan seperti YKK, YAMAHA,MISUMI, dengan gajih rata-rata 210rb yen atau sekitar 23jt rupiah perbulan, serta di beri asarama, biaya transport, asuransi kesehatan, dll.
    coba mangga di chek acara ini setiap taunnya diselengarakan bulan agustus (https://nikkeiasianrecruitingforum.snar.jp/)
    serta september lalu saya mengikuti recruiting forum (Top Careers Asia Pasific in Singapore) selama 3hari. acara ini hampir sama dengan yang di selengarakan oleh NIKKEI HR, namun yang beda cuman venue dan penyelengaranya aja. Top Careers Asia Pasific in Singapore ini di selengarakan oleh FOUR VALEY INTERNATIONAL dan acara ini sudah di lakukan yang ke 4 kali. sistem seleksinya hampir sama ada seleksi dokumen, interview via skype, dan entar di kasih undangan untuk mengikuti recruiting forum di singapore. servicenya berbeda dikit dengan nikkei, Top career ini hanya menyediakan uang saku sebesar 250$ SGD, untuk transport dan akomodasi. selebihnya sama seperti acara nikkei, saya disini di interview oleh 3 perusahaan. (http://www.topcareer.jp/inter/fair/tcap2016/)
    yang saya ingin sarankan adalah jangan mengambil resiko hanya karena ingin kerja di jepang. klo memang ingin kerja di jepang lebih baik mengikuti program-program recruiting yang jelas. apalagi yang memiliki gelar s1. yang pastinya harus punya modal bahasa jepang yang tinggi, klo bisa minimal memiliki sertifikat JLPT N2 atau kemampuan yang setera dengan level itu, ya minimal bisa memahami percakapan, dan membaca tulisan kanji. kenapa demikian, agar kita bisa paham mau perusahaan apa dan kita bisa bertanya saat interview hak dan kewajiban kita apa. tentunya dengan memahami bahasa jepang, kita bisa membaca offering letter dengan detail dan memahami hukum/ undang-undang ketenaga kerjaan negara jepang. pada dasarnya undang-undang tersebut sangat tertib dan detail ko, contohnya kalo kita lembur kita akan mendapatkan kenaikan gajih sekitar 25-35% perjamnya. atau kerja maksimal 8 jam perhari. dll.
    sekedar saran aja sih, supaya kita bisa lebih aman tentram dan sesuai kewajiban dan haknya bisa di bayar kerja secara manusiawi.

Leave a Reply

