Kerja dan Sholat di Jepang

Sudah hampir satu semester saya menjabat status sebagai mahasiswa research student. Kegiatan perkuliahan masih belum terlalu sibuk. Paling satu hari hanya satu mata kuliah saja. Makanya saya berani nyambi kerja part-time. (Bukannya belajar!) *keplakπŸ˜›

Oya, ada seorang teman yang bertanya, bagaimana menjalankan sholat di tempat kerja di Jepang? Apakah boleh minta ijin? Ada tempat khusus? dll.

Sebelumnya saya hanya mendengar cerita-cerita dari teman atau suami saja. Bagaimana mereka bekerja di perusahaan Jepang sambil tetap menjalankan sholat. Ada yang dijamak (dzuhur dengan ashar, maghrib dengan isya), karena tidak memungkinkan untuk ijin istirahat 2X untuk sholat, atau sibuk dengan pekerjaan yang tidak bisa ditinggal sehingga lewat waktu sholat, dll. Tapi ada juga yang tetap bisa menjalankan sholat tepat waktu di tempat kerja.

Nah, sekarang saya mengalaminya sendiri. Saat wawancara kerja, atasan sudah tahu saya muslim dari identitas saya (baca:jibab). Jadi mereka sudah tau kalau ada ibadah khusus (baca:sholat) yang wajib dilakukan oleh muslim. FYI, informasi tentang Islam sudah berkembang luas di Jepang. Mereka tau tentang sholat, puasa, jilbab, makanan yang tidak boleh dimakan, dll. Alhamdulillah.πŸ™‚

sholat-di-kantor
credit

Sebelum saya meminta ruangan untuk sholat dan waktunya, mereka sudah menawarkan lebih dulu pada saya. Karena saya kerja dari jam 1 sampai jam 5 sore, jadi saya hanya perlu minta ijin sholat ashar. Sholat dzuhur di rumah. Waktunya digabung saat jam istirahat selama 10~15 menit. Sebelumnya mereka tanya, apakah cukup waktu segitu? InsyaAllah cukup kata saya. Dan ruangannya, saya bisa pakai ruang loker yang bersih, atau ruang bersama di lantai 2.

Jadi, jika kamu ingin kerja di Jepang, saat wawancara kerja, bicarakan dulu tentang ini dengan atasan. Jadi, tidak perlu sembunyi-sembunyi. Orang Jepang cukup menghargai kok.πŸ˜‰

Oya, bagi laki-laki, untuk sholat jum’at. Ini yang agak sulit. Ada hadits yang mengatakan, Rasulullah bersabda, β€œSiapa saja yang tidak mengerjakan shalat Jumat sebanyak tiga kali kali meremehkan kewajibannya maka Allah akan mematri hatinya” [HR Abu Daud, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah dan dinilai shahih oleh al Albani].

Deg! Lalu, bagaimana kondisinya jika tidak memungkinkan melaksanakan sholat jum’at? Suami saya selama di Jepang, hampir tidak pernah sholat jum’at (kecuali saat libur kerja). Bagaimana ini?

Kondisinya, suami adalah satu-satunya orang Indonesia di kantornya dan satu-satunya muslim. Jadi, tidak mungkin bisa melakukan sholat jum’at sendirian. Mau sholat di masjid? Masjid terdekat jaraknya jauh dan makan waktu kira-kira 45 menit dengan mobil atau kereta. Tidak mungkin kan ijin istirahat kerja selama itu?

Akhirnya saya menemukan penjelasannya di sini. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah mengatakan bahwa jika dijumpai sekumpulan orang kurang dari empat puluh orang maka mereka-mereka tidaklah berkewajiban untuk menyelenggarakan shalat Jumat meski shalat Jumat itu sah meski hanya diselenggarakan oleh tiga orang saja. Dan Jika para karyawan tersebut tidak memungkinkan untuk meninggalkan pabrik untuk mengerjakan shalat Jumat di masjid yang menyelenggarakan shalat Jumat atau di daerah tersebut tidak dijumpai masjid yang menyelenggarakan shalat Jumat maka mereka dimaklumi jika tidak mengerjakan shalat Jumat dan sebagai gantinya mereka cukup mengerjakan shalat Zhuhur.

Syukurlah. Puji syukur pada Allah. Sesungguhnya Islam itu mudah. Jadi, jangan khawatir jika ingin bekerja di Jepang atau di negara minoritas muslim. Semoga dimudahkan.πŸ˜‰

Yah, kalaupun dipecat karena melaksanakan sholat, jangan khawatir! Jangan pernah takut. Rejeki Allah luas tersebar di seluruh penjuru bumi. Kalau kamu menolong agama Allah, insyaAllah Allah akan menolongmu.

Bertakwalah kalian kepada Allah semaksimal kemampuan kalian. (QS. At Taghabun:16). Selanjutnya hanya Allah yang menentukan.

 

21 thoughts on “Kerja dan Sholat di Jepang

      1. assalamualaikum..trm ksh mama nisa itu suatu pncerahan bwt sy..krn prnh
        mnglaminya swktu bkrja f mlaysia..wlpn situasinya brbeda

  1. Salam kenal makπŸ˜‰ salut buat org Jepang yg sangat toleran thd penganut agama minoritas… Jd makin pgn ke Jepang niy… Kpn share soal halal food dsna dong makπŸ˜‰

  2. smoga Allah slalu memberikan kemudahan untuk hamba2Nya yg beriman… amiiiin…
    Utk paragraf trakhir saya setuju Mak… sebisa mungkin jangan menukar keyakinan / kewajiban beragama kita dg uang… rejeki Allah tersebar di bumi dan langit..πŸ™‚

    1. iya, mbak Sora. bersyukur saya. semoga kaum mayoritas di Indonesia jg bisa saling menghargai kaum minoritas. sedih saya kalo baca berita ttg SARA di dalam negeri. saya merasakan jadi minoritas itu tidak mudah.

  3. bismillah..gambare minna san..skdar share..bgtulah adanya ttg menjalankan sholat di jepang, bagi tman2 yg dah trtlanjur stay di japan namun jauh dr masjid insyaalloh kita diberi keringanan untuk libur hehehe..libur mengerjakan sholat jumat [ meski terkadang merasa tersiksa ] masalahnya sekarang bagi kita yang belum pergi tapi pengeeen bgt kesana..khususnya bagi teman2 pria, ada baiknya kita kaji ulang lagi..syukur klo tempat kerja atau apato kita nti kebetulan dekat masjid, no problemo..itu yang kita harapkan n bisa kita menjalankan sholat jumat, tapi klo jauh n g mungkin kita kesana ..nah lho..serba salah deh, g juga..hehehe andai saja jepang negara muslim, masjid ada dimana2 g perlu jadi dilema buat kita muslim laki2..betool..? tp mungkin ini salah satu solusi buat teman2 n saya fkir ini mudah sekali, hanya keputusan aja kok..ternyata emang btul hidup ni pilihan y..entah.. hehe ada 2 pilihan dan itu menentukan masa depan kita [ dunia bukan masa depan ]…kita memilih dpt uang banyak dg alasan untuk masa depan yg lebih baik atau untuk beribadah lah dg resiko meninggalkan sholat jumat, atau..kita tetap bisa sholat jumat tp uangnya pas2an..?? pas buat beli mobil, pas buat beli rumah, pas lg buat naik haji..pilih yang mana..? hehehe alloh kan maha kaya hehe..memang jepang membuat MATA semua orang jatuuuh cinta termasuk saya…andai saja bisa sholat jumat sayapun mau banget back to japan……mg j di baca ma org jepang biar jd motifasi mereka bangun banyak masjid di jepang hehehe, sedulur..kerja apapun n dimanapun ternyata maksudnya hanya untuk menambah berat amal ibadah kita bukan menentukan banyak sedikitnya uang yg kita dapat. itulah makanya orang2 tua kita dulu bilang..le..lahir rejeki jodoh n mati dah ditentukan dulu sblum kita di lahirkan, smakin banyak yg kita dapat skg smakin berat tanggung jawab n smakin memperlambat langkah kita memasuki pintu kbahagiaan abadi, bertemu dg kholiq trus syurga..pasti itu tho 7an kita smua?? hayoo…sok ngustad nich hahaha..ok tman2 keputusan ada pd teman2 smua..
    sambung lg nti..hidup buat senang aja..yg seperti apa??? buat mama…mama nisa n kluarga gt..smga sehat slalu smoga ptunjuk alloh snantiasa diberikan kpd kita seeeemua amin.

  4. Assalaamu’alaikum sy seorang kenshusei d jpg sudah 2 th sy jg mengalami sulitnya melakukan shlt pd jm krja dsn, jm istrht siang bun d gilir krn kondisi kerja,terkadang sy bs mlksanakan shlt 5 wktu itu pun sering d jama,dan kdg tdk shlt krn wktu yg terlewat. Dlm hti kcl sy brtny brp byk dosa akibat meninggalkan shlt. Sbnry dsn sy tdk sndri ada beberapa tmn kenshusei dr Indonesia dn itu yg kami alami. Kami bekerja d perusahaan otomotif ,krn kondisi kerja yg cepat dgn mesin2 industri yg Kami operasikan kami tdk bs ijin mningglkn pekerjaan untuk ibdh,dn jg tdk ada org pengganti krna d jpg mgkin efisiensi karyawan adalah hal yg pnting. Jadi itulah kesulitan yg kami alami untuk ibadah shlt slm bkry d jpg.

    1. wa’alaikum salam mas lutfi. Sudah ngomong sama atasannya? Kalau memang sudah ngomong dan tidak bisa minta waktu untuk sholat, apa boleh buat dijamak aja (jamak qhasar). Istirahat siang berapa menit? Sisakan waktu untuk sholat. Percepat waktu makan siang supaya bisa lebih lama punya waktu sholat. Makan 5 menit bisa tuh, sisanya bisa digunakan untuk wudhu dan sholat. Kurangi ngobrol2 waktu istirahat, maksimalkan waktu. Siapkan sarung dan jaket yg bersih untuk sholat. InsyaAllah bisa. Daripada meninggalkan sholat. Sholat dhuhur ashar dijamak saat istirahat siang. Sholat maghrib kalau sudah selesai kerja bisa dilaksanakan di kaisha sebelum pulang (supaya keburu waktu daripada pulang dulu tapi sudah lewat waktu). Tapi kalau ada lembur dan ga bisa minta istirahat, ya apa boleh buat dijamak takhir saat isya di rumah.

      Bertakwalah kalian kepada Allah semaksimal kemampuan kalian. (QS. At Taghabun:16). Selanjutnya hanya Allah yang menentukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s