Sampah Pribadi Bawa Pulang!

Kalau jalan-jalan ke taman atau tempat rekreasi atau tempat umum di Indonesia, umumnya kita menjumpai papan pengumuman “Buanglah Sampah Pada Tempatnya!”, kadang disertai dengan tempat sampahnya.

Tapi, tidak begitu jika jalan-jalan di taman-taman di Jepang. Mungkin kita akan jarang menemukan tempat sampah di area ini. Bukan karena orang Jepang suka buang sampah sembarangan, tapi umumnya orang Jepang membawa pulang sampah-sampah pribadi mereka.

写ēœŸIni salah satu papan pengumuman yang saya temui waktu saya jalan-jalan ke taman di kota Toyohashi, Aichi, Jepang.

“Jibun no Gomi wa Jibun de Mochi Kaerimashou!”

Artinya, sampah pribadi silakan bawa pulang!

Keren kaaan! ^_^ Kalau saya ganti popok Nisa di toilet umum khusus bayi dan orang cacat, juga biasanya ada tulisan popok bekas pakai harap dibawa pulang. Hihihi.

Di Jepang memang urusan buang sampah tidak boleh sembarangan. Harus dipilah berdasarkan jenisnya dan buangnya juga pada hari-hari tertentu. Saya pernah posting tentang hari buang sampah di sini. Kalau di kota Kariya, hari senin untuk sampah kertas/buku, hari selasa untuk sampah rumah tangga yang bisa dibakar, hari rabu untuk sampah plastik dan sampah botol plastik, hari kamis libur, hari jum’at untuk sampah rumah tangga yang bisa dibakar, sampah kaleng, sampah botol kaca, dan sampah yang tidak bisa dibakar (bergantian), sabtu minggu libur. Tiap kota beda-beda tergantung peraturan pemerintah daerahnya masing-masing.

Dan tiap-tiap komplek perumahan ada tempat pembuangan sampahnya masing-masing. Semua sampah dikumpulkan sesuai jadwalnya. Misal komplek perumahan A hanya bisa buang sampah di tempat pembuangan sampah milik komplek A, komplek B buang di tempat B, dst. Jangan sampai salah misal kita tinggal di komplek A tapi buang sampah di tempat B. Kalau ketahuan bisa diomelin. Hehe. ^_^

Satu lagi yang harus diperhatikan. Hafalkan juga jam berapa biasanya truk sampah datang angkut sampah kita. Kalau di komplek rumah saya, truk sampah datang setiap jam 8 pagi. Jadi, usahakan buang sampahnya sebelum jam itu. Karena truk sampah tidak datang dua kali. Kalau sudah ketinggalan truk sampah, sampah kita tidak akan diangkut, dan menunggu jadwal hari berikutnya. Ribet ya. Tapi ini demi kedisiplinan. Makanya untuk menyiasati biar tidak terlambat, saya biasa keluarkan sampah pada malam sebelumnya.

Awalnya saya susah memilah-milah sampah ini. Tapi lama-lama terbiasa. Di rumah saya sediakan dua tempat sampah besar yang sudah diberi plastik sampah. Satu untuk sampah rumah tangga yang bisa dibakar, satu untuk sampah plastik. Kalau sudah penuh tinggal ikat ujung plastiknya, buang deh. Sampah-sampah yang lain seperti botol plastik, dll, sudah ada kantung sampahnya sendiri dari pemerintah kota, ini juga tunggu kantung penuh baru buang.

Semua produk Jepang pada setiap bungkusnya sudah tertera kode sampahnya, jadi tidak akan bingung ini termasuk sampah apa. Oya, sebelum buang, biasakan bersihkan dulu sampahnya. Misal sampah botol plastik, tutup botol dan bungkusnya dibuka masuk sampah plastik. Botolnya usahakan sudah dikeluarkan isinya dan dibersihkan minimal dialiri air bersih. Sampah botol kaca juga gitu, pastikan isinya sudah benar-benar habis dan dicuci. Jadi pas dibuang, sampah sudah dalam keadaan bersih.

Ribet? Memang. Tapi kalau terbiasa melakukannya akan terasa ringan. Bisa tidak ya sistem ini diberlakukan di Indonesia, minimal di rumah sendiri dulu deh.šŸ˜€

***

10 thoughts on “Sampah Pribadi Bawa Pulang!

  1. bisa kok Mak, asalkan ada kemauan dari dalam diri masing2 dan kerjasama masayarakat sekitar dg pemerintah, kadang dari warganya sndiri menyepelekan, pemerintah mengabaikan, malah ada yg mengambil tong sampahnya buat diloakin, kan geli Mak.. hehehe Salam kenal..šŸ™‚

    1. betul, Mak. cuma bisa geleng2 kepala lihat ulah orang nakal curi tong sampah. ckckck. Makanya, kalo ga ada tempat sampah, biasakan bawa pulang sampah yuk. sampai di rumah baru dibuang. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s