Ikut Ujian SIM di Jepang

Jum’at kemarin saya ikut ujian SIM. Ceileh. Iya nih, ceritanya ada motor nganggur di rumah. Karena suami sekarang tiap hari kerja naik mobil jadi motor enggak ada yang pake. Daripada jadi gomi (sampah), lebih baik saya yang pake ke kampus. Lokasi rumah dan kampus cukup jauh, enggak ada stasiun kereta terdekat yang menjangkau, kalau naik bis harus menyesuaikan jadwal. FYI, bis di sini ada jadwalnya tiap jam, enggak kayak angkot di Indo yang tiap menit berseliweran di jalan. Jadi mendingan naik motor lah, lumayan hemat waktu dan ongkos.πŸ™‚

Beruntung saya punya SIM C Indonesia, jadi tinggal dikonversi ke SIM Jepang. Syaratnya SIM negara asal telah dibuat/digunakan minimal 3 bulan sebelum datang ke Jepang.

Saya ikut ujian SIM kategori motor kecil 50 cc. Kalau sudah punya SIM negara asal, ujiannya hanya 10 soal. Tidak ada ujian praktik. Dari 10 soal, maksimal salah 3, lebih dari itu tidak lulus. Isinya tentang pengetahuan umum mengemudi di Jepang. Tapi jangan disamakan dengan peraturan lalu-lintas di Indonesia. Jepang ada aturannya sendiri. Masing-masing negara pasti punya peraturan lalu-lintas sendiri. Karena saya sudah biasa ikut bepergian naik mobil dengan suami, jadi sedikit banyak saya paham tentang peraturan mengemudi. Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pengemudi, dll.

Pengurusan SIM-nya pun mudah. Kita tinggal datang ke tempat ujian SIM di kota terdekat. Siapkan paspor, KTP Jepang (gaikokujin touroku shoumeisho), SIM negara asal (yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang oleh JAF), dan surat keterangan tinggal (juuminhyou -minta ke shiyakusho). Oya, sama pasphoto 2×3. Biayanya untuk pendaftaran 1500 yen (kurang lebih 180 ribu rupiah). Setelah ujian tulis dan dinyatakan lulus bayar lagi 2050 yen (kurang lebih 240 ribu rupiah).

Setelah proses pendaftaran selesai, ada tes mata sederhana. Kita disuruh lihat di kotak yang didalamnya ada gambar-gambar lingkaran yang setengah terbuka. Bukaannya itu ada di sebelah mana, apakah di kiri, kanan, atas, atau bawah. Kita tinggal menyebutkan sesuai yang kita lihat. Selain itu ada tes buta warna. Kita disuruh menyebut warna yang muncul (merah, kuning, biru).

Abis itu baru ujian tulis. Ujian tulis pake komputer. Jawaban langsung dijawab di komputer pake metode touch screen. Ada pilihan bahasa. Jepang, Inggris, Portugal, Tagalog, hmm… apalagi ya. Lupa. Yang jelas enggak ada bahasa Indonesia.πŸ˜›

Waktu ujian cuma 10 menit. Setelah selesai menjawab, tekan tombol score, dan hasil ujian langsung terlihat. Kalau di layar monitor saya, tulisannya PASS. Artinya saya lulus pemirsah! Omedetou.πŸ™‚

Setelah itu, petugas langsung nge-print hasil ujian saya, dan saya digiring untuk langsung foto SIM. Setelah foto dan bayar biaya pembuatan SIM, menunggu sebentar, langsung jadi deh SIM kita! Enggak pake lama! Saya datang pukul 9 pagi, daftar. Ujian pukul 10.30, dan SIM selesai pukul 11.30. Cepat, kan? Ini jalur orang asing sih, jadinya cepat, karena antrinya enggak banyak. Kalau jalur orang Jepang, wuah, bisa makan waktu seharian, karena yang antri banyak bo! Dan soal ujian tulisnya juga lebih banyak.

 

Oya, untuk motor kecil kayak gini, enggak bisa bonceng. Ini untuk satu orang. Jadi, ini emang kendaraan untuk saya pulang-pergi ke kampus. Kalau mau jemput Nisa di sekolah, ya ganti naik sepeda. Begitulah.πŸ™‚

8 thoughts on “Ikut Ujian SIM di Jepang

    1. hihi. Saya pernah ikut ujian SIM motor di Indo tahun 2009 akhir. Saya ikut semua prosesnya. Tapi ujian tulisnya susyaaaaaah buanget! Ga tau deh napa saya bisa lulus. hehe. :p

  1. hehehe di UAE hampir jarang motor ada nya Moge, ada juga motor gini tapi kabarnya selundupan, jadi biasanya langsung bikin SIM mobil. Andai ada motor aku juga mauuπŸ˜€

Leave a Reply

