WWL Diary (Weaning With Love) #1: Mengurangi Jatah Menyusu di Siang Hari

WWL apaan sih? WWL singkatan dari Weaning With Love. Artinya menyapih dengan cinta. Alias menyapih dengan sukarela dan ikhlas antara ibu dan anak, tanpa paksaan, tanpa kebohongan. Kedengarannya keren ya.

Nisa 19 bulan. Sebenernya nggak niat menyapih sekarang, sih. Tapi, karena 1 minggu lagi Nisa pergi ke hoikuen (daycare), jadi saya harus melakukan ini. Bertahap. Nggak langsung sepenuhnya nggak boleh nenen lagi, hanya dikurangi jatahnya waktu siang hari. Bismillah…

Untuk ukuran batita seumur Nisa, tidur siang masih merupakan jadwal rutin sehari-hari. Nisa sehari tidur siang 2-3 jam. Dan kebiasaan Nisa sebelum tidur (siang/malam) adalah nenen! Nah, kalau sudah masuk hoikuen, saya nggak mungkin bisa menyusui Nisa kalo mau tidur siang. Jadi, dimulailah pengurangan jatah menyusu untuk Nisa. Awalnya bingung, gimana ya, bisa nggak ya Nisa tidur siang tanpa nenen?

“Nisa, sekarang kan udah gede. Kalau mau tidur siang, nenennya disimpen dulu ya buat malem. Kalau masih siang, Nisa tidurnya gendong aja ya, nanti mama pukpuk sampe Nisa bobo. Nisa pinter kan? Kalau udah malem, baru Nisa boleh nenen lagi. Malem itu tandanya kalo di luar udah gelap, sayang. Kalau masih terang, berarti masih siang. Kalau masih siang, nenennya disimpen dulu ya. Oke? Janji ya.”

Itu kalimat saktinya. Nisa sih nggak respon. Tapi, saya yakin dia dengar. Hari pertama menjalankan misi, hari minggu. Ada papa sih, dan siang itu kami pergi seharian. Otomatis Nisa lebih banyak main. Tidurnya sebentar aja di mobil, di car seat-nya sendiri, dan nggak nenen. Masih belum ada kesulitan berarti karena Nisa memang lebih mudah tidur kalau di mobil. Tapi bagaimanapun juga, Nisa sukses menjalankan misinya di hari pertama nggak nenen di siang hari. Hore! Anak pintar. Tak lupa saya puji Nisa sambil bilang, “besok gitu lagi ya, sayang.”

Hari kedua, hari senin. Nah, ini dia tantangannya, karena siang hari hanya ada saya dan Nisa berdua aja. Jam 11 siang Nisa mulai menunjukkan tanda-tanda ngantuk. Saya kembali mengucapkan kalimat sakti di atas. Nisa nggak respon apa-apa, hanya minta gendong. Akhirnya, saya gendong, saya timang-timang, saya nyanyi lagu nisa bobo eh, nina bobo. Sesekali Nisa menepuk dada saya sambil ngintip, hihi. Tapi saya kembali mengingatkan, dan Nisa pun tertawa. Duh, rasanya ‘nyess’, anak ini ngerti ternyata ya, gitu pikir saya.

Selama kurang lebih 30 menit, saya peluk Nisa sambil duduk, dan saya pukpuk pahanya. Akhirnya Nisa tidur. Huaaaa…. Rasanya terharu banget. Nggak ada nangis, Nisa pun nggak maksa nenen. Semua berjalan dengan tenang. Misi hari kedua, sukses!! Hari itu Nisa tidur 2 jam, tanpa terbangun, cuma sesekali menggeliat, tapi cukup di’pukpuk’ pahanya, Nisa pun tidur lagi. ^_^

Ah, anak mama udah gede ternyata. Sore-sore habis mandi, Nisa kembali menggoda saya. Dada saya ditepuk-tepuk, sambil bilang ‘mam’, trus diintip dikit. Setelah saya kembali ingatkan, “kan masih terang, tunggu malam ya.”. Nisa pun hanya tertawa, dan kembali bermain. Duh, anak mama pinter banget siiiih.

Setelah maghrib, saya panggil Nisa.
“Nisa, udah malem loh, tuh di luar udah gelap. Nisa boleh nenen sekarang. Mau nenen, Nak? Sini, sini.”
Nisa langsung lari menghampiri saya, dan duduk di pangkuan saya ambil posisi. Hahaha. Hap! Kayaknya bahagia banget si Nisa bisa ketemu lagi sama nenen kesayangannya. Berasa kayak puasa full ya. Hehe. Tak lupa saya kembali memujinya sambil mengucapkan lagi kata-kata saktinya, “besok lagi ya, anak pintar.” ^_^

Hari ini sudah 5 hari Nisa nggak nen di siang hari. Semoga berlanjut. Ganbare Nisa chan!

19 thoughts on “WWL Diary (Weaning With Love) #1: Mengurangi Jatah Menyusu di Siang Hari

  1. trus kalau udah tdk ASI, trus minum susu formula donk mba ?
    pasti susah tuh, dan harus bersabar membiasakan hal tsb untuk Nisa, soalnya kan kebanyakan anak rewel, kalau tidak dapat ASI

    1. Ga kok Mas, nisa ga minum susu formula. Tp saya kasih susu uht (susu sapi pasteurisasi). Itupun kalo nisa mau, kalo ga mau saya ga paksa harus minum susu. Insyaallah ga kekurangan gizi, krn gizi bisa didapat dari makanannya. ASI nya jg masih lanjut kok, tp mulai dikurangi sampai nanti benar2 tersapih umur 2 tahun.🙂

  2. halo mba, salam kenal, aku rahma…ckckc..mba, kelanjutannya gimana? apa uda lepas dari nen nya? aku baru mulai wwl nih. tips nya makasi ya

  3. Salam kenal mbak, wah aku seneng bgt bs baca sharing ttg wwl ini, krn aku lg galau lg proses wwl, kyknya aku jg mau ikutin tips nya mama nisa nih hehe.. Trus lanjutannya gmn mbak? wkt malam hari disapihnya gmn? Trims sharing dan infonya, berguna bgt buat aku ^ ^

  4. Makasih sharingnya mbak, berguna bgt ni buat aku, aku skrg lg proses nyapih… Jd crt – crt pengalaman wwl ini termasuk baru buat aku, krn wkt anak pertama, anaknya sendiri yg udh ga mau asi pas usia 8 bulan, nah yg kedua ini, bulan april 2014 udh 2 thn, jd prosses wwl bgt..oiya, mau tny jg, wwl di malam hari nya apakah sama pake kata2 sakti itu mbak? Trus skrg gmn? Oiyaa.. Salam kenal yaa.. Hehehe..

  5. Alhamdulillah, terima kasih atas ilmu wwl nya mbk .. Mdh ² an anak sy bs pinter ky nisa proses penyapihannya, in syaa Allah akn sy lakukan spt mbk lakukan ke sikecil. Anak sy ud 25bln, lbh 2th. Sy jd ga sabar dg imu kata ² sakti nya ke anak sy,krn sikcl sy pinter ngobrol sdh,malah sdh hafal Alfatihah dan artinya,meski sdkit cadel.jd klo diajak ngobrol in syaa Allah bs, aamiin. Skl lg terima kasih ummuNisa,jzk

      1. Brarti mulai 19 bulan itu…dedek nya cmn nen d malam hari ya….sampe benar2 lepas…..salut ma bunda yg sangat sabar….trus stelah nenen lepas…penggantinya apa bund….anak saya (18m) suka nangis klo gak diturutin …baru mulai mengurangi supaya ga nenen d tempat umum siiih….bagi tips slanjutnya bund…..anak sy susah mkn jg…buah jg jarang mau…apamungkin klo dah d sapih mau makan ya….jd ga rewelan lg…

Leave a Reply

