Budaya Jepang yang Mengejutkan Orang Asing

Baru-baru ini saya lihat acara tv Jepang sedang membahas tentang budaya Jepang. Ada beberapa budaya Jepang yang ternyata membuat orang asing terkejut dan terkagum-kagum. Banyak sih. Tapi saya ambil contoh satu aja ya, ini sangat sering saya jumpai di kehidupan sehari-hari di sini.

Ojigi. Budaya membungkuk. Semua orang pasti udah tau ya, kalau orang Jepang itu suka membungkuk. Waktu perkenalan, membungkuk. Waktu mengucapkan terima kasih, membungkuk. Itu yang paling sering diketahui orang-orang sedunia. Tapi, apa budaya membungkuk ini cuma digunakan waktu perkenalan dan terima kasih aja? Hmm, ternyata enggak juga.

Ini contoh unik yang membuat orang asing terkagum-kagum terhadap budaya membungkuk ini. Setelah menyebrang jalan! Hah? Gimana tuh maksudnya?

Ini saya kasih videonya. Saya ambil dari youtube.

Udah lihat videonya? Ada sekumpulan anak SD menyebrang jalan di zebra cross. Setelah menyebrang, mereka enggak lantas langsung pergi gitu aja, tapi mereka membungkuk dulu kepada mobil-mobil yang sedang berhenti. Mereka seolah-olah mengucapkan terima kasih kepada pengendara mobil yang telah rela berhenti dan menunggu mereka sampai menyebrang. Dan sekaligus mereka meminta maaf karena telah menyita waktu pengendara mobil itu selama beberapa menit.

Ckckckck. Hebaaaaatt!! Saluuuuttt!!! Jepang bisa mendidik anak-anaknya menghargai orang lain sampai seperti itu! Ini simple banget, kan? Tapi sebagian besar orang enggak kepikiran melakukannya, atau bahkan males melakukannya. Tapi di Jepang ini sudah menjadi budaya.๐Ÿ™‚

Coba simak lagi deh, iklan ini. Lebih kelihatan perasaannya.

ใ€Œใ‚ใ‚ŠใŒใจใ†ใ€ใฎๆฐ—ๆŒใกใซใฏๆ€ใ„ใ‚‚ใ‚ˆใ‚‰ใชใ„ๅŠ›ใŒใ‚ใ‚‹ใ€‚

Ada kekuatan yang tidak terduga didalam perasaan “terima kasih”.

Begitulah kira-kira artinya. Silahkan diinterpretasikan masing-masing.๐Ÿ™‚

20 thoughts on “Budaya Jepang yang Mengejutkan Orang Asing

  1. Budaya membungkuk ini memang budaya yang harus dilestarikan ya mbak, sama halnya dengan mengucapkan terima kasih atau mencium tangan orang tua… so sweet๐Ÿ™‚

    1. Eh, baru ngeh, ternyata lampu merah disana ada tombol untuk ditekan kalau ada yang mau nyebrang ya? Keren!
      Tapi klo diaplikasikan di Indo, itu tombol pasti udah dipencet2 sembarangan >__<

      1. iya mb, kalo yg pake tombol gini, biasanya di jalan2 kecil yang enggak terlalu banyak orang nyebrang. Kalo di perempatan jalan ato pertigaan, biasanya lampunya otomatis.๐Ÿ™‚ hahaha, iya ya, orang indo mah suka iseng. >_<

    1. di sini banyak yg begitu mama fatah, mungkin karena di sini kota kecil kali ya. kalo orangtua yang nyebrang biasanya mereka bungkuk2nya pas sambil jalan nyebrang. hehe. omoshiroi yo ne.๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s