Siapa Suka Natto?

Orang Jepang suka banget Natto. Natto apaan sih? Natto itu makanan khas Jepang yang terbuat dari kacang kedelai. Tempe? Hmm agak beda sih yah.

Cara pembuatan Natto, kacang kedelai dicuci dan direndam dalam air selama 12 sampai 20 jam untuk memperbesar ukuran. Selanjutnya, kedelai dikukus selama 6 jam. Setelah itu kacang dicampur dengan bakteri Bacillus subtilis natto. Pada proses ini kebersihan sangat dijaga untuk menjaga bahan-bahan dari kotoran dan bakteri lainnya. Kemudian campuran tersebut difermentasi pada suhu 40 Β° C (104 Β° F) hingga 24 jam. Setelah itu natto didinginkan di lemari es sampai satu minggu sampai muncul serabut.

Sama nggak ama pembuatan tempe? Sama-sama dari hasil fermentasi kan ya? Tapi mungkin cara makannya aja kali yang bikin beda. Kalo mau makan tempe, digoreng dulu ya atau dikasih bumbu2 biar enak. Nah, kalo natto? Makan aja langsung! Biasanya langsung taburin di atas nasi panas. Makan deh… hah?

Natto_on_rice
sumber: wikipedia

Rasanya? Jujur saya nggak sukaaaaa……. Hueek! Pahit, baunya busuk menurut saya. Ampun deh kok ada orang yang tahan makan ini. Nyatanya ada. Orang Jepang doyan banget. Suami saya juga suka makan natto. Enak katanya. What?? Dan yang lebih mengejutkan lagi, Nisa juga suka natto!! Haha… Ajaib kan. Kalo ketemu natto, senyum2 gitu, disuapin mulutnya buka lebar banget “Aaaaa….. emm….”πŸ˜€

Mengenai nutrisi, Jepang mengklaim kalo natto kaya nutrisi. Enzim yang terdapat pada natto, yang disebut nattokinase, berfungsi mengurangi terjadinya resiko pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, emboli paru, atau stroke. Natto juga mengandung sejumlah besar vitamin K2, yang membantu pembentukan tulang dan mencegah osteoporosis. Vitamin K1 ditemukan secara alami dalam sayuran hijau, rumput laut, hati, dan beberapa sayuran, sedangkan vitamin K2 ditemukan dalam produk makanan fermentasi seperti keju, miso, dan natto. Natto memiliki sejumlah besar vitamin K2, sekitar 870 mikrogram per 100 gram natto.

Katanya lagi, natto baik untuk kesehatan kulit, dan juga efektif menurunkan kolesterol. Natto juga cocok untuk menu diet karena kandungan kalori rendah sekitar 90 kalori per 7-8 gram protein dalam porsi rata-rata.

Ehm, pantes orang Jepang langsing2 ya… hehe. Tapiiii, saya disuruh makan natto? Nooo… thank you. Saya makan tempe aja deh.πŸ™‚

sumber : wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/Natt%C5%8D)

16 thoughts on “Siapa Suka Natto?

    1. iya betul mba… mereka suka banget makan mentah2, sayur mentah, ikan mentah, sampe telur mentah jg mereka makan!! telur mentah langsung ceplok aja gitu di atas nasi panas…. hiyaaaa….πŸ˜€

    1. iya mba, samaaa…. saya jg ga suka sama natto. sebenernya banyak sih makanan jepang lain yg enak, tapiiii diragukan kehalalannya,, huhu… ya udah deh masak sendiri ajah…πŸ˜€

      1. Ga tau juga mbak, reaksinya gitu. Lidah saya ini Banjar banget. Kalau di luar masakan Banjar suka pusing. Bahkan waktu pertama nyantap siomay aja saya pusing. hehehe… Sekarang udah doyan sihπŸ˜€
        Tapi sekarang dah mendingan sih.. udah go international dikit2 lidah saya. hehehe….

  1. pengen bikin nih mama nisa,tapi takut ga berhasil didorama pada nguyeuk2 natto gt ya kl makan ad lendir2nya gitu dikirain mie hahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s