Hati-hati nyebrang ya!

Ciri-ciri negara maju memang tercermin dari perilaku orang-orangnya. Orang Jepang terkenal disiplin, rapi, teratur, taat peraturan. Memang betul sih. Salah satu contoh yang bisa dilihat saat mereka menyebrang jalan. Baik pejalan kaki dan pengemudi, semuanya saling menghormati.

Gambar
Motto Jepang (Anzen Daiichi) -Safety First-

Orang Jepang kalo mau nyebrang HARUS/WAJIB di jembatan penyebrangan ato zebra cross (di semua negara juga gitu sih sebenernya). Bedanya, orang Jepang hampir nggak ada niatan buat melanggar peraturan ini. Mereka semua sadar akan keamanan dan keselamatan. Kalo melanggar biasanya mereka akan malu sendiri (tuh, budaya malu!).

Di setiap lampu merah yang ada zebra crossnya pasti ada lampu buat pejalan kaki juga. Lampu ini menyala otomatis menyesuaikan lampu merahnya kendaraan2. Ada juga yang nggak otomatis. Lah gimana caranya? Biasanya yang nggak otomatis, disediakan tombol di pinggir jalan. Kalo mau nyebrang, pencet tombolnya dulu. Tunggu kira-kira 10 detik, lampu akan merah, mobil-mobil berhenti, baru kemudian lampu pejalan kaki akan menyala hijau dan kita boleh menyebrang. Ngerti nggak penjelasan saya?πŸ˜€

Ada juga zebra cross yang nggak pake lampu buat pejalan kaki. Ini biasanya di jalan-jalan kecil yang nggak terlalu ramai. Kalo gini harus hati-hati, tengok kanan kiri, pastikan aman, baru menyebrang. Tapi pengalaman saya nyebrang di jalan kecil gini, kecepatan mobil yang lewat nggak terlalu cepat, dan pengemudinya sopan. Biasanya kalo udah liat ada orang yang berdiri di pinggir zebra cross mau nyebrang, si mobil akan mengurangi kecepatan bahkan tak jarang mereka sengaja berhenti untuk mempersilahkan kita lewat. Wow bukan? Jarang banget nih pemandangan kayak gini di tanah air. Mereka sangat menghormati pejalan kaki terutama penyebrang jalan! Suka deh…πŸ™‚

Budaya menyebrang jalan ini udah diajarkan sejak kecil. Anak-anak TK/SD biasanya dikasih pelatihan khusus rutin cara menyebrang jalan yang aman. Hebat kan? Cuma nyebrang jalan doang ada pelatihan khususnya? Rutin lagi. Selain itu mereka dari kecil juga dikasih contoh yang baik oleh orangtuanya. Kebiasaan baik ini yang akan mereka bawa sampai besar.

Gambar
latihan nyebrang
Gambar
orangtua pun belajar nyebrang yang baikπŸ™‚

Sedih kalo liat perilaku orang nyebrang di Indonesia. Udah disediain jembatan penyebrangan, tetep nyebrangnya lewat bawah. Alasannya males, jauh, duuh… >_<Ada juga udah nyebrang di zebra cross, tapi pengendara mobil terutama motor nggak mau ngurangin kecepatan malah kadang si penyebrang jalan bisa berenti di tengah2 jalan yang jelas2 membahayakan. Huhuhu… Memang harus ada toleransi dan saling menghormati sesama pengguna jalan sih. Saya paling ngeri kalo nyebrang jalan di Jakarta. Makanya kalo ada jembatan penyebrangan mending lewat atas deh, aman walaupun harus jalan lebih jauh, daripada saya harus mempertaruhkan nyawa (tau sendiri kan pengemudi mobil, motor, angkot, di Jakarta?). Hiii….

Buat para ibu-ibu, yuk ajari anak-anak kita perilaku baik sejak dini. Mulai dari cara menyebrang jalan. Jangan anggap remeh loh cuma nyebrang jalan doang. Orang Jepang nggak pernah menganggap remeh apapun. Jangan lupa kasih contoh yang baik juga ya.πŸ™‚

3 thoughts on “Hati-hati nyebrang ya!

  1. mungkin kalo lewat jembatan penyebrangan jadi lebih jauh dan lebih melelahkan ya mba.. aku rajin lewat jembatan penyebrangan waktu jaman SD dulu, jembatannya di depan skolah persis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s