OMG! Nisa GTM!

Nggak usah bingung sama judul di atas. GTM itu Gerakan Tutup Mulut, ini istilah wajib buat emak-emak. Artinya anak nggak mau makan ato susah makan.๐Ÿ˜ฅ

Nisa dari umur 6 bulan sampe 12 bulan nggak pernah GTM. Oh, bahagia banget rasanya. Semua makanan yang disodorin dengan suka cita disambut Nisa dengan mulut yang terbuka lebar. Aaaaaa……..๐Ÿ˜ฎ Dari mulai buah, sayur, daging, bubur, kayaknya nggak ada yang Nisa nggak suka.

Nisa waktu masih lahap makan

Tapiii… setelah ulang tahunnya yang pertama, Nisa mulai ogah-ogahan makan. Pertama-tama porsi makannya mulai sedikit (masih mau makan, tapi baru sebentar udah nggak mau lagi, cuma dikit). Ya udah, nggak usah dipaksa. Terus lama-lama jadi geleng-geleng kalo disuapin sambil mulutnya rapet pet pet. Makin lama makin musuhan sama nasi dan lauk pauknya. Huaaa……๐Ÿ˜ฅ

Menurut sumber dari mommies daily, ada beberapa penyebab yang membuat anak menolak makan:

  1. Terlalu banyak ngemil diantara jam makan sehingga perut masih kenyang dan asupan nutrisi yang dibutuhkan masih tercukupi
  2. Pekembangan ego si anak. Seiring pertumbuhannya, anak mulai merasa bahwa ia adalah individu terpisah dari orangtuanya, sehingga dengan menolak dominasi orangtua dianggap sebagai perilaku yang mandiri
  3. Anak ingin mencoba kemampuannya untuk makan sendiri, namun sering dilarang oleh orangtua
  4. Menu yang tidak bervariasi.
  5. Anak sedang sakit ( dalam tahap tumbuh gigi juga bisa jadi alasan)
  6. Gangguan psikologis, misalnya si kecil baru saja berpisah dengan orang yang ia sayangi (contoh, kakek, nenek atau pengasuh yang biasanya menjadi teman bermainnya) atau kehilangan mainan favoritnya.

Poin no 1, bukan Nisa kayaknya, justru karena nggak doyan makan, maka saya kasih cemilan biar asupan nutrisinya tetap ada. Nisa musuhan sama nasi tapi lahap kalo dikasih buah, kue, ato roti. Mungkin Nisa bosen kali ya sama nasi.๐Ÿ˜› Jadilah saya usahain bikin cemilan-cemilan sebagai pengganti karbohidrat dari nasi. Poin yang ke 3, saya udah kasih Nisa makan sendiri. Kasih piring isi nasi dan lauknya, kasih garpu yang udah ditusukin lauknya juga, awalnya sih Nisa mau makan sendiri, tapi bentar doang, lama-lama itu nasi dilempar-lempar ato malah disuapin ke mamanya…๐Ÿ˜› Poin ke 4, tiap hari saya usahakan menu yang beda-beda biar Nisa nggak bosan. Tapi tetep aja susah. Poin 5, waktu Nisa tumbuh gigi malah masih mau makan walau dikit. Poin 6, kayaknya ini juga bukan Nisa, lah berpisah dari sapa? Emang cuma ada emak bapaknya doang… hehe๐Ÿ˜›

Tapi, yang cukup menghibur hati ternyata anak usia 0-3 tahun wajar jika mengalami fase GTM, karena di usia segitu, anak masih dalam tahap belajar konsep makan dan belum mengerti konsep waktu. Syukurlah…… lega ternyata Nisa cuma lagi melalui fase GTM. Semoga cepat berlalu ya…

Nisa mulai ogah-ogahan makan

Pusing? Pastinya. Tapi jangan sampe stres ah Bu… Ini cara saya menghadapi Nisa yang GTM.

Pertama disiplin waktu makan. Tentukan waktu makan pagi, siang, sore, dan makan cemilannya. Kalau saya, Nisa biasanya bangun pagi jam 7.30/08.00 pagi (udah siang ya)๐Ÿ˜€ biasanya saya tawarin buah yang nggak terlalu mengenyangkan, sambil nunggu saya selesai masak.๐Ÿ˜› Jam 08.30-09.00 makan pagi. Jam 10-11 biasanya kalo Nisa mau saya kasih cemilan, kalo nggak mau ya main/tidur sampe waktunya makan siang. Jam 12-1 makan siang. Jam 3-4 sore makan cemilan. Jam 5-6 makan sore/malam. Biasanya sih gitu kalo nggak ada perubahan jadwal kayak jalan-jalan ato lainnya. Kalo udah terbiasa waktu makan, anak jadi tau kapan waktunya makan/ udah lapar. Jadwal ini udah saya buat dari Nisa mulai makan, dengan menyesuaikan umur dan pemberian porsi makan untuk bayi. Saat Nisa GTM, saya hilangkan pemberian cemilan jam 10 pagi, dengan harapan Nisa akan merasa lapar waktu makan siang. Pemberian cemilan sore juga saya kurangi porsinya.

Kedua, jangan paksa anak untuk makan, bahkan sampe dimarahi ato dicekokin. Haduu… itu hanya akan membuat anak semakin nggak mau makan. Coba kasih waktu toleransi makan. Kalo saya kasih toleransi 30 menit, kalo makanannya masih sisa, saya tanya dulu. Nisa udah makannya? Masih mau nggak? Kalo mulutnya masih mau buka, ya saya terus suapi. Kalo mulutnya tetep rapet, ya saya sudahi sesi makannya. Kenapa 30 menit? (cepet amat ya? :-P). Karena Nisa emang dari bayi makannya cepet. Nisa nggak terbiasa makan sambil main soalnya, jadi kalo makan biasanya dalam waktu 15-25 menit udah habis. Paling lama ya 30 menit. Kalo lebih dari itu, biasanya Nisa udah nggak fokus ke makan, udah pengen main, dsb. Kalo saya paksain terus makan, bisa-bisa Nisa ngamuk…๐Ÿ˜† Tapi, nggak usah diburu-buru. Tiap anak beda, maka kenali kebiasaan makan anak ibu.๐Ÿ™‚

Ketiga, berikan makanan yang bervariasi. Kebiasaan orang Indonesia adalah belum makan namanya kalo belum makan nasi. Padahal sumber karbohidrat bisa didapat dari selain nasi loh. Kalo anak lagi musuhan sama nasi (kayak Nisa), bisa ganti dengan kentang, jagung, mie, mihun, dll. Ato coba bikin cemilan dari ubi, tepung terigu, tepung sagu, dll. Buah alpukat juga bisa dicoba untuk menaikkan berat badan, karena alpukat mengandung lemak tak jenuh yang baik. Banyak yang bisa dicoba kan?๐Ÿ˜€

Semoga bermanfaat… Semangat yaaa!

4 thoughts on “OMG! Nisa GTM!

  1. Ingat juga waktu Little Bee umur lebih setahun juga gitu…geleng sana geleng sini…Akhirnya menu diganti, kentang goreng, jagung keju, mie goreng dll. Alhamdulillah di umur 3 thn skrg udah gak GTM lagi….Nisa jangan lama-lama GTM-nya yaaaa…..

  2. waduh.. kok sama ky anak saya nih.. GTM pas usia 19 bln.
    bundanya jadi suka marah2 nih… ayahnya ini yg jadi bingung 2x lipat… haduh..haduh..

    1. sabar ya, Pak! semoga GTM nya segera berlalu. coba ajak si kecil makan bersama ayah bundanya dengan menu yg sama, sambil pura2 lomba balapan makan. ato coba ajak makan di taman sambil piknik di bawah pohon gitu, ato di halaman rumah sambil gelar tiker (ceritanya piknik). tapi makannya jgn sambil lari2 yah. hehe. ciptakan suasana menyenangkan yg bisa menambah semangat si kecil. semoga berhasil. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s