Wisata melihat bunga

Orang Jepang suka banget sama bunga. Tiap pekarangan rumah, di halamannya atau di jalan menuju pintu masuk pasti ditanami bunga. Yang tinggal di apartemen walau nggak punya halaman, kadang mereka tempatkan tanaman2 bunganya di pot2 taruh di beranda. Mau ke supermarket, pasti ada satu toko kecil penjual bunga. Sampai dibuat khusus tempat-tempat wisata melihat bunga yang nggak pernah sepi pengunjung! Hebat kan? Sebenarnya nggak hanya bunga sih, yang jelas orang Jepang suka akan keindahan saya kira.

Kenapa di Indonesia orang-orang nya nggak pada tertarik sama bunga ya? Liat aja Taman Anggrek, atau Taman Bunga Nusantara yang ada di Jakarta. Sepi pengunjung.😦 Padahal saya dulu waktu kecil pernah diajak ke sana sama orangtua saya (ketauan udah lama banget ke sananya). Hmm… mungkin faktor panas kali ya, jadi orang-orang malas rekreasi outdoor. Ah, nggak juga, buktinya Dufan yang outdoor selalu rame. Atau mungkin karena sekarang banyak mall-mall makanya tempat rekreasi orang-orang jadi bergeser (jadi komsumtif). Atau mungkin bunga-bunga nya nggak bagus kali. Mungkin tempatnya kurang terawat juga, jadi orang malas ke sana. Tapi emang sih saya akui bunga-bunga di negara 4 musim emang lebih indah dan lebih beragam dibanding di negara tropis. Mungkin keunggulan negara tropis terletak pada buah-buahan. Segala macam buah ada di Indonesia. Saya pikir tempat wisata seperti Taman Buah Mekarsari harus diperbanyak.πŸ™‚

Saat yang paling tepat untuk melihat bunga adalah musim semi. Kalo di Jepang bisa liat bunga sakura. Pertama kali saya liat sakura takjub banget. Aseli satu pohon bunga semua!! nggak ada daunnya. Jadi daunnya tumbuh belakangan. Tapi masa bunganya cuma sebentar, mungkin sekitar 2-3 minggu aja. Abis itu bunganya gugur dan berganti jadi daun.

Saat seperti ini orang Jepang memanfaatkannya dengan perayaan “hanami”. Sebenarnya bukan perayaan sih, lebih ke kebiasaan atau tradisi kali ya. Hanami ini arti secara harfiahnya adalah melihat bunga. Caranya dengan piknik di bawah pohon sakura. Gelar tiker, bawa bento, makan bareng-bareng. Asiiik….πŸ˜€ Kalau dipikir2 apa menariknya sih cuma makan di bawah pohon doang. Tapi orang Jepang suka banget. Hanami ini adalah momen yang ditunggu-tunggu orang Jepang. Bisa dipastikan taman-taman di Jepang yang ada pohon sakuranya bakal penuh sama orang-orang yang piknik. Mungkin yang ditunggu adalah momen kebersamaannya juga, selain makan-makan kan bisa sambil ngobrol2 sama teman2 atau saudara.πŸ™‚ Ada pohon berbunga di daerahmu? Coba deh piknik di bawahnya… nanti ceritain rasanya ya… asal jangan pohon kamboja yang ada di kuburan ya… hahaπŸ˜€

salah satu taman yang penuh sama tiker/terpal di bawah pohon sakura buat “hanami”
jajaran pohon sakura di pinggir danau
numpang narsis dibawah pohon sakura *sstt… ini lagi hamil 4 bulan loh*πŸ™‚
hmm… makan enak sambil hanamiπŸ˜€

Kalau bunga Sakura bisa dilihat gratis karena pohon sakura mudah ditemukan di setiap sudut kota. Di taman-taman besar bisa dipastikan ada pohon sakura. Tapi kalau mau melihat bunga jenis lain, ada tempat wisata khusus yang tentunya kalau masuk harus bayarπŸ™‚. Ini dia tempat-tempat wisata bunga yang sudah saya kunjungi.

1. Bokka no Sato

Terletak di Prefektur Gifu Kota Gujo. Lumayan jauh dari tempat saya, tapi demi melihat bunga tulip saat musim semi, dijabanin deh.πŸ™‚ Asli kereeeen banget…

bukit tulip
numpang narsis sama Nisa chanπŸ˜€

Bokka no Sato selain liat tulip juga ada peternakan sapi, domba, dan kuda. Cocok buat anak-anak, karena anak-anak bisa main sama domba dan bisa naik kuda. Bisa kasih makan sapi juga. Nisa suka banget.πŸ˜€

kenalan sama pak dombaπŸ˜€

2. Denpark

Terletak di Prefektur Aichi, kota Anjo. Kalau yang ini deket rumah. Bunga yang ditanam di sini macem-macem (ketauan nggak tau namanya).πŸ˜€

bunga2 di Denpark
Piknik sambil main air di DenparkπŸ™‚

3. Nabana no Sato

Terletak di Prefektur Mie, Nagashima-cho. Lumayan deket dari rumah, sekitar 1 jam perjalanan naik mobil.

Numpang narsis Nisa chanπŸ˜€

4. Korankei

Terletak di Prefektur Aichi, kota Toyota. Kalau yang ini khusus musim gugur (Autumn). Kalau bunga Sakura adalah ikonnya musim semi, kalau Momiji adalah ikonnya musim gugur. Momiji adalah pohon berdaun lima yang saat musim gugur akan berwarna merah. Daunnya ini disebut Koyo. Cantik banget…πŸ™‚

pohon momiji

jalan di deretan pohon momiji
warna yang cantik saat AutumnπŸ™‚
Nisa dan daun Koyo, Momiji

 

Itulah yang bisa saya bagi tentang tempat-tempat wisata melihat bunga di wilayah Aichi dan sekitarnya. Mudah2an nanti saya diberi kesempatan mengunjungi tempat lainnya. Walaupun cuma melihat bunga, tapi hati puaas banget. Memang Allah itu sangat menyukai keindahan ya, buktinya ciptaannya indah banget… Subhanallah…πŸ™‚

5 thoughts on “Wisata melihat bunga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s