Look at me, Mom!

Bayi itu pintar ya. Ia tau kapan waktu yang tepat untuk tengkurep, duduk, merangkak, berdiri, dan akhirnya berjalan. So, don’t worry Mom!πŸ™‚

Baby Nisa mungkin termasuk “bayi buku panduan”. Hehe maksudnya tiap perkembangannya sesuai sama yang dibilang di buku panduan. Yah, setidaknya buku panduan ibu dan anak punya Nisa yang saya dapat dari Dinas Kesehatan Kota Kariya.πŸ˜€ Syukur Alhamdulillah.

Saya banyak gabung di grup milis ibu-ibu, sempet galau juga waktu sharing soal perkembangan bayi. “bayi saya udah tengkurep umur 3 bulan” ,”bayi saya udah guling-guling umur 5 bulan”, “bayi saya udah duduk umur 6 bulan”, dsb,dsb. Selalu membandingkan dengan bayi orang. Kok Nisa umur segini belum ini, belum itu. Pusing sendiri, akhirnya saya stop looking at other babies, just focus to my baby. Saya cek buku panduan tentang tumbuh kembang bayi, saya cari info tentang perkembangan bayi. Hasilnya, Nisa termasuk normal. Nisa baru bisa tengkurep umur 5,5 bulan. Merangkak umur 7,5 bulan. Lancar duduk sendiri tanpa dibantu umur 8-9 bulan. Berdiri pegangan dan rambatan umur 9-10 bulan. Berdiri sendiri tanpa pegangan umur 11 bulan lebih. Belajar melangkah (1-2 langkah) umur 12 bulan. Setelah itu ajaib umur 13 bulan udah lancar jalan sendiri tanpa bantuan. Semuanya hasil kerja keras Nisa sendiri. Saya hanya melihat dan mengawasi. Sekarang Nisa lagi suka coret-coret kertas, dan memasukkan benda ke dalam kotak/lubang. Yang lambat adalah gigi. Nisa baru tumbuh gigi perdana umur 13 bulan, hehe… Tapi langsung 3.πŸ˜€ Syukurlah… semua fase berhasil dilakukan Nisa sesuai urutan dan waktunya. I’m a proud Mommy.πŸ™‚

 

 

 

Berikut saya copas tabel perkembangan bayi & balita dari grup yahoo (http://groups.yahoo.com/group/Bayi-Kita/message/4544). Semoga bermanfaat. Tabel ini hanya sebagai referensi aja, supaya kita tau tahapan-tahapannya. Stop membandingkan bayi kita dengan bayi lain. Karena setiap bayi unik, mereka tau kemampuannya masing-masing, pada akhirnya mereka pasti bisa melaluinya. Just trust your baby. Semangat bu!!πŸ™‚

Usia

Motorik Kasar Motorik Halus Pengamatan Bicara Sosialisasi
0-3
Bulan
Mulai mengangkat kepala Mempertahankan barang yang dipegang/genggam Gerakan matanya mulai bisa memberikan reaksi terhadap gerakan objek tertentu dan berinteraksi dengan orang lain melalui tatapan dan senyuman Mulai mengoceh dan bergumam serta bereaksi terhadap rangsangan berupa suara/bunyi Bisa mengenali ibunya melalui penglihatan, penciuman, pendengaran, kontak langsung
3-6
Bulan
Mengangkat kepala tegak lurus dan Mengangkat dada (dengan bertopang dengan tangan) Mulai meraih benda (termasuk yang berada di luar jangkauannya) dan meletakkannya dalam mulut Berusaha memperluas lapangan pandang dan mulai berusaha mencari barang yang hilang Bereaksi jika dipanggil namanya Tertawa dan menjeritgembira bila diajak bermain
6-9
Bulan
Mampu untuk duduk sendiri (Tanpa dibantu), tengkurap dan berbalik sendiri, serta merangkak
Melakukan gerakan memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain Sudah mengenal muka anggota keluarga dan merasa takut pada orang asing Berbicara menggunakan bahasa yang tidak dimengerti, atau lebih dikenal dengan bahasa bayi Bisa berkomunikasi dan mulai melakukan berbagai aktifitas permainan seperti, melempar benda-benda, Mulai bermain cilukba, dan tepuk tangan
9-12
Bulan
Berdiri sendiri (tanpa dibantu) dan mulai belajar berjalan dengan tertatih-tatih (masih dituntun) Mulai dapat memegang benda kecil dengan ibu jari dan telunjuk. Tidak hanya itu, si kecil juga sudah mampu untuk memasukkan objek, seperti mainanya, ke dalam kotaknya. Menunjukkan minat besar dalam mengeksplorasi sekelilingnya. Tetapi anda juga harus berhati-hati karena pada saat ini ia mulai menyentuh apa saja dan memasukkannya ke dalam mulut Tidak hanya bisa menirukan suara yang didengar dan menyatakan satu dua kata, melainkan ia juga sudah mampu mencerna bentuk-bentuk perintah sederhana. Dapat berinteraksi dan berpartisipasi dalam permainan
12-18
Bulan
Si kecil kini bisa berjalan tanpa tuntunan orang lain dan membungkuk untuk mengambil benda yang jatuh Mulai melatih kreatifitasnya dengan menyusun 2-3 kotak dan mencoret-coret kertas Sering berjalan-jalan untuk mengeksplorasi rumah dan sekelilingnya Dapat menyebutkan 5-10 kata
Mulai memperlihatkan rasa cemburu dan bersaing
18-24
Bulan
Sudah mampu melakukan berbagai aktifitas fisik yang cukup menguras tenaga, seperti naik turun tangga, berjongkok, dan lari Belajar makan sendiri dan belajar menggambar garis Menunjuk mata dan hidungnya Menyusun 2 kata
Selain belajar mengontrol buang air besar/kecil, ia juga mulai menunjukkan minat terhadap aktifitas sosialisasi yang dibuktikan dengan bermain dengan anak lainnya.
2-3
Tahun
Belajar meloncat, memanjat, dan melompat dengan satu kaki Mulai melakukan kegiatan yang memberikan sedikit tantangan baginya untuk berpikir, misalnya membuat jembatan dengan 3 kotak dan Menggambar lingkaran Menyadari adanya lingkungan lain di luar keluarga Mampu menyusun kalimat, bertanya, dan mengerti apa yang dikatakan padanya Bermain bersama anak lainnya
3-4
Tahun
Bisa berjalan pada ujung jari, main bola, naik sepeda roda tiga
Belajar memakai baju dan membuka kancing serta bisa menggambar garis silang Mengenal 2 atau 3 warna, Banyak bertanya, dan Mengenal sisi atas, bawah, muka, dan belakang Si kecil sudah bisa bicara dengan baik. Bahkan, ia bisa menyebutkan nama, jenis kelamin, dan umurnya sendiri. Ia mulai tertarik dan menyimak sajian cerita yang disuguhkan padanya. Menunjukkan rasa sayang pada saudaranya dan mampu mengerjakan tugas yang diberikan padanya.
4-6
Tahun
Bisa melompat, menari, dan memanjat pohon Bisa memasang kancing, bisa mengikat tali sepatu, dan menuangkan kemampuannya di bidang seni dengan menggambar kotak, segitiga, orang Dapat menghitung jari-jarinya, mengenal 4 warna, dan Memperkirakan dan membedakan bentuk serta besar kecil benda Pandai bicara, dapat menyebut nama-nama hari dalam seminggu, dan mendengar serta mengulang kata-kata penting/cerita Memprotes bila dilarang apa yang diingini dan Menaruh minat pada aktifitas orang dewasa

4 thoughts on “Look at me, Mom!

  1. Dulu juga bulan2 pertama suka gerah kalo ada tetangga yang dateng terus nanya kok Arien blum bisa ini, itu ya, kalo udah gitu langsung browsing tentang tumbuh kembang anak, normal ga yah Arien. Seiring waktu yah aku ga terlalu ambil pusing, yang penting kondisinya sehat dan semua tahap tumbuh kembangnya udah dilalui juga. Masing-masing anak punya keunikan tersendiri yah BundπŸ™‚

  2. Betuuuull bun… tiap bayi unik… saya mungkin lebih beruntung di sini nggak ada yang ngomongin Nisa,, eh malah jadi gerah sendiri baca komen2 ibu2 yang sharing tentang baby nya,, hihihi…πŸ˜€ Arien umur berapa bun? semangat terus yaa… dan sehat selalu buat Arien…πŸ™‚

    1. Arien udah umur 2 tahun Bund.
      Pastinya klu ngurus anak bawaannya Semangat terus BundπŸ™‚
      Sehat slalu juga yah buat dede Nisanya, salam kenal dari Kaka Arien ya dede *muaah*

  3. Iya nih bun, bayiku jg sekarang usia 5,5 bulan baru bisa tengkurap…sempat galau jg kok gak sama dg kakak2nya umur 3 bulan udah tengkurap…ternyata emang tiap anak beda perkembangannya…semoga selalu sehat aja..trims sharing nya ya bun…buat saya gak cemas lagi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s