Perjalanan MPASI Nisa

Nisa baru mulai mengenal makanan umur 6 bulan, merunut pada ketetapan WHO tentang Asi eksklusif 6 bulan dan pemberian makanan pendamping Asi 6 bulan ke atas. Tapi, di Jepang bayi mulai makan usia 5 bulan+. Ini saya ketahui waktu Nisa kontrol rutin ke posyandu pas 5 bulan dan dianjurkan mulai diberi makan selain Asi. Istilahnya  離乳食 ”rinyuushoku”. Tapi saya keukeuh baru kasih Nisa makan pas 6 bulan. :-p

First, what to start? Pertama saya mau kasih Nisa makan apa? Saya bukan ahli gizi, dan nggak tahu soal per-MPASI-an. Akhirnya saya cari info sana sini lewat internet. Ternyata ada beberapa aliran MPASI. Serealia (tepung beras) vs Buah-buahan. Disuapin vs Makan sendiri (Baby Led-Weaning). Instan (beli jadi) vs Homemade (masak sendiri). Hah,, pusiiing!! Akhirnya setelah semedi cukup lama, saya putuskan memulai MPASI Nisa dengan buah, disuapin, dan homemade. Buah karena rasanya manis dan cenderung disukai bayi, juga mudah dicerna sehingga pencernaan bayi nggak terlalu kaget. Disuapin karena Mama belum siap rumah berantakan belepotan kena tumpahan makanan Nisa yang dilempar-lempar, hehe (kebayang gimana capek bersihinnya). Homemade alias masak sendiri karena lebih sehat pastinya dibanding instan yang ada pengawetnya, lagian di sini ribet kalo beli instan harus di cek dulu ingredients nya ada bahan2 “haram” nya nggak, nggak kayak di Indo yang insyaAllah percaya menggunakan bahan-bahan 100% halal. Dan dengan sistem pemberian makan 3-4 hari dengan menu yang sama untuk melihat reaksi alergi.

Makanan pertama Nisa adalah alpukat. Di buat puree. Lucu liat ekspresi Nisa pertama kali kenal makanan. Tapi Alhamdulillah nggak disembur-sembur, nggak dilepeh, semua ditelen, ludess… Doyan makan nih anak mama, syukurlah…😀 MPASI pertama sukses.

MPASI pertama Nisa -puree alpukat-

Mulai 7 bulan, Nisa naik tingkat. Saya mulai mengenalkan sayur dan bubur. Semua masih dibuat puree (blender halus). Alhamdulillah sampai tahap ini Nisa masih doyan makan.😀

kentang-jagung-kol
bubur nasi bayam wortel

Menginjak 8 bulan, mulai diperkenalkan protein hewani, seperti ikan dan ayam. Dairy product juga udah boleh coba, kayak yogurt, mentega, dll. Nisa makan makin lahap… yeeaayy!😀

bubur ayam brokoli telur
kabocha + yogurt plain

Usia 9-10 bulan, saya mulai naikkan tekstur. Nisa mulai belajar makan yang agak kasar, walaupun Nisa belum tumbuh gigi satupun!😀 Bubur nasi masih saya blender agak kasar, tapi lauknya saya cincang halus aja. Alhamdulillah Nisa nggak ada masalah. Good girl…🙂

bubur nasi salmon telur brokoli
Bubur nasi + perkedel kentang brokoli panggang

Umur 11 bulan, ajaib Nisa mau makan nasi tanpa diblender. FYI, nasi Jepang teksturnya agak lembut dan pulen, jadi mungkin Nisa nggak susah nelennya.😀 Anak pintar. Tugas Mama jadi agak ringan deh, nggak perlu blender lagi.

Nasi + salmon tahu saos tomat

Umur 12 bulan, makanan Nisa makin variatif. Saya mulai menambahkan garam gula ke dalam masakannya. Sebelumnya Nisa no gulgar, semua rasa asli.🙂

Tapi, tahap ini Nisa jadi agak susah makan. Nggak tau kenapa, Nisa sering mingkem kalo disodorin sendok, geleng-geleng, ujung-ujungnya numpahin piring ato ngelempar sendok. Sabaaarr sabaaarr……. Kata papanya karena Jepang lagi musim panas, jadi mempengaruhi nafsu makan jadi agak berkurang. Ya sih, kalo diperhatiin Nisa jadi lebih sering minum, senengnya makan yang dingin-dingin kayak puding, yogurt, dll. Yah, mudah-mudahan nggak lama ya, Nak…🙂

Nasi + tumis ayam sawi telur + abon

Well, itulah perjalanan MPASI Nisa mulai dari 6 bulan sampai 12 bulan. Oya, sekarang saya mulai memperkenalkan seafood nih ke Nisa. Kemarin sempet coba udang, Alhamdulillah nggak ada reaksi alergi (padahal papanya alergi udang). Ternyata menyenangkan memasak buat anak, nggak susah kok. Sesuatu banget. Dan lebih sehat tentunya. Saya ingin Nisa mengenal masakan Mamanya sebagai masakan paling enak di dunia… hahahaha😀

I made my own baby food, with a full flavor of love….😀

cup cup muah dari Nisa chan…🙂

18 thoughts on “Perjalanan MPASI Nisa

  1. Nisa pinter banget makannya! Alhamdulillah ya mbak!
    Di umur 1-2 tahun udah mulai Gerakan Tutup Mulut alias susah makan, jadi bersabar aja, plus ganti menu lagi yang gizinya sama. Misalnya nasi ganti mihun, roti atau kentang.

    Makanan buatan sendiri itu memang sesuatu hihihi…

  2. Wah nisa chan pinter ya mbk maemnya,hihihi. .
    Mau tnya bih mbk, nisa chan kan umur 11 bln blm ada giginya, tp kok udh bisa maem nasi ya? Anak saya 12 bln skrg, blm tumbuh gigi sama sekali, kalo tekstur bubur nasinya saya buat kasar anak saya lgsg “mlukok” semacam mau muntah gitu. . Apa krn blm bisa ngunyah itu ya? Jd lgsg ditelen gitu kalo makan. . Mohon sharingnya mbk. .🙂

    1. salam kenal ummi… tiap anak beda um, termasuk soal ngunyah makan. Nisa waktu blm ada gigi, makan nasi juga cuma dikunyah dikit trus langsung telen, hehe… untungnya ga pernah dimuntahin lg. Dan nasi jepang sama nasi indo teksturnya agak beda ummi, nasi jepang lebih lembut. Yang penting ga usah dipaksa kalo emang anak blm bisa makan nasi (tekstur kasar), pelan-pelan aja ngajarinnya. Umminya harus sabar dan semangat terus belajar sama baby…😀 oya, ini saya kasih link cerita mpasi anaknya teman saya, mungkin bisa membantu memberi pencerahaan… http://gegeaka.blogspot.jp/2012/08/blender-oh-blender.html🙂

  3. Tik, ,menarik juga tik baca tulisan2 lo…mantaaaps iih d^^b bisa jadi important source untuk gw yang ‘mom to be’ *semoga lancar….btw gw jg dah baca yang dikau mau S2 lagi….semangat yaa…! He give u so many BIG chances…so grateful for this ^^

  4. Salam kenal mba. Aq veronica, ankku namanya saverio. Seneng bisa baca share mba mengenai perjalanan mpasi annisa. Mba, klo aq boleh share,ankku skg 8 bulan dan makanannya msh aq blender aga kasar. Contohnya, sayur smu dikukus. Terus lainnya aq tumis bawang bombay/merah/putih pake butter hambar,masukin daging cincang, masukin air, dan nasi yang ada di rice cooker yg biasa ortunya makan. Trs smua itu aq blender aga bertekstur dan aq ksh rio aga encer. Bisa ga ya? Krn rio giginya baru tumbuh 2 di bag.bwh tp ketinggian baru 2ml. Gmn tuh mba?

    1. salam kenal jg mb veronika. bisa banget mba. saya dulu jg gitu, semua bahan dimasak, trus blender deh. teksturnya menyesuaikan kemampuan bayi. salam kecup buat saverio ya. semoga makannya makin lahap.🙂

  5. Salam kenal mba.. anakq hrni pas 7 bln. Btw gmn soal pub nya.. dgn mkanan yang mba brikan … pernahkah sembelit..

    1. salam kenal jg mb swry. dulu nisa alhamdulillah ga pernah sembelit. pupnya cukup lancar, maksimal 2 hari sekali. bayi setelah mpasi, pupnya cenderung keras itu normal. asal bayi tidak sampai menangis dan terlihat kesakitan. kalau hanya mengedan itu biasa. tapi kalau sampai berhari-hari tidak pup, coba tips ini. setelah makan, minumkan air putih. ada jg buah yg bisa memperlancar pup seperti pir dan pepaya. atau coba senam kaki, menggerakkan kaki bayi seperti gerakan menggowes sepeda, ini bisa membantu perlancar pup sambil dioles perutnya dengan minyak telon. selamat mencoba mb, semoga bayinya sehat selalu ya.🙂

  6. Wahh hebat bgt mak.. Rajin bkin menu yg bervariasi jmanku dlu ma2 yg bkinin (mak g bertanggung jwb hehehe). Nadia dr umur 1-4thn mknya susah bgt, hrs perang dlu, tp skr makan mulu kerjanya.. Hahaha… Summer
    So take it easy aj. Sllu ada masa gerakan tutup mulut moga aja Nisa smgat mkn lg after

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s