Nisa toilet training #1

Sejak kapan anak siap diajarin toilet training? Menurut Ayah Edi (tau nggak? :)), nggak ada batasan usia yang tepat untuk melatih anak toilet training. Semua tergantung kesiapan fisik dan psikis anak. Jangan memaksa ato membuat anak stres dalam melatih toilet training karena akan semakin sulit membiasakan anak buang air kecil/besar di kamar mandi.

Apa aja tanda2 siap tersebut? Menurut Ayah Edi lagi, tentunya ketika anak udah bisa jalan sendiri, nggak dipegangi lagi, trus interval buang air kecilnya paling nggak 2 jam sekali, anak udah bisa menurunkan celana sendiri, dan bisa berkata kalo ia ingin buang air kecil.

Dan, selalu pujilah anak bila ia telah berhasil buang air kecil/besar pada tempatnya. Pujian ini untuk memicu semangat anak dan ia pun dengan suka cita selalu buang air kecil/besar di tempat yang semestinya.

Hmm… manggut manggut baca penjelasan di atas, hehe…πŸ™‚

Naaahh… berhubung Nisa udah setahun, udah bisa jalan sendiri, nggak ada salahnya diajarin toilet training sekarang kan? Pertama tama, karena toilet yang ada di rumah kami adalah toilet duduk, jadi harus beli dudukan potty buat anak. Biar Nisa nggak ikut nyemplung kalo duduk, hihihi…πŸ˜€

Trus, dimulai dari mana ya? FYI, Nisa dari bayi selalu pake diapers, jadi saya nggak tau frekuensi pipisnya. Hmm… gimana kalo dimulai dari buang air besar (pup)? Kalo pup kan ketauan tuh tanda2nya, paling nggak Nisa selalu ngeden sambil mengeluarkan suara dikit dan mimik yang lucu.πŸ˜€ Kalo udah gitu, saya langsung gendong ke toilet. Saya dudukin sambil saya jelasin, Nisa pupnya di sini ya… sambil saya contohin ikutan ngeden gitu… hahaπŸ˜€

Pas saya dudukin, saya belum lepas diapersnya. Nggak papa lah dia pup tapi masih pake diapers. Misi saya kan baru mengenalkan toilet. Nisa mau ngeden sambil duduk di toilet aja saya udah seneng. Yaa, nggak langsung berhasil sih. Kadang Nisa masih nangis kalo duduk di toilet, kadang malah main2 tisu di samping, kadang nggak jadi ngeden, dsb. Nggak papa, dinikmati aja, saya nggak bikin target kok. Tapi, harus konsisten, terus menerus, sambil selalu kasih penjelasan, Nisa kalo pup di toilet yaaa, anak pintar….πŸ™‚

Oke, segitu dulu pelajaran pertamanya. Besok lanjutin lagi ya Nisa sayang…πŸ™‚

lagi serius..πŸ˜€

Mama…udah celecai…πŸ˜€

 

 

8 thoughts on “Nisa toilet training #1

  1. Hal tersebut bisa jadi sebuah pengalaman yang baru banget buat Nisa ya, jadinya kalau agak takut2 ya gpp. Yang penting bundanya rajin mengajarkan apa yangs eharusnya dilakukan. Yes, semangat ya Nisa dan Bunda :))

  2. waaahhhh anak saya yang paling kecil juga lagi baru bisa itu pup di toilet .. gampang-gampang susah dan gemes-gemes jengkel gimanaaaa gituπŸ˜† padahal uda 20 bulan… belajarnya sejak umur 1 thnan juga… lamaaa banget ya … abisnya emaknya pemalas sih, ga telaten T___T … tp yahhh skarang udah bisa bilang “Mama… ee…” walopun kemudian ga jadi ngeden malah maenan air cebokanπŸ˜†
    yahhhh nda papa udah mau bilang aja uda bagus laaa saya pikirπŸ˜€

Leave a Reply

